Saturday, 18/8/2018 | 8:11 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara merawat Mobil Agar Performa Mesinnya Terjaga

cara-merawat-mobil-agar-performa-mesinnya-terjaga

Mesin mobil merupakan salah satu bagian yang paling penting dari sebuah kendaraan. Oleh sebab itulah, perawatan yang tepat sangatlah dibutuhkan supaya mesin mobil Anda selalu dalam kondisi yang baik. Salah satu cara merawat mobil supaya performa mesinnya tetap terjaga dengan baik adalah menjaga kebersihan setiap bagian dari mesin mobil Anda. Membersihkan mesin mobil ini bisa Anda lakukan sendiri tanpa pergi ke salon mobil yang pastinya harus mengeluarkan biaya yang tak sedikit. Perawatan dengan cara membersihkan setiap bagian mesin mobil ini bisa meliputi bagian bawah kap mobilnya, bodi mesin, penutup saringan udara, sampai dengan memeriksa setiap baut serta mur yang ada pada mesin mobil. Namun untuk lebih lengkapnya mari simak beberapa ulasan berikut ini.

Cara merawat mobil agar performa mesinnya terjaga

Cara merawat msin mobil ini memang tak butuh keahlian khusus atau teknologi canggih. Cukup dengan menggunakan kain lap katun lembut dan bahan pembersih seperti halnya engine degreaser, compound, sabun colek, dan juga wax atau pun sejenisnya.

Juga ada beberap hal yang penting harus Anda perhatikan pada saat membersihkan bagian mesin mobil. Yang mana ada beberapa perangkat seperti halnya perangkat AC dan juga alternator harus dihindari supaya tidak terkenak air serta bahan kimia. Kedua perangan itu bila terkena air maupun bahan kimia akan timbulkan resiko terjadinya kerusakan pada mesin vital yang lainnya.

Bagian utama yang bisa Anda bersihkan adalah blok mesin di bagian bawah. Silakan Anda gunakan larutan batu ijo yang dicampurkan dengan minyak tanah, lalu dioleskan di bagian bawah blok mesinnya. Selanjutnya lap blok mesinnya tersebut dengan menggunakan lap katun sampai bersih. Sedangkan pada bagian silinder head, saringan udara, maupun tutup karburator, Anda bisa menggunakan wax untuk buang kotoran yang telah melekat pada bodi mesin mobil Anda tersebut. Selain itu, Anda juga bisa membersihkan kap mesin menggunakan bahan wax ini. Untuk hindari terjadinya goresan pada bodi mesin, lebih baik Anda menggunakan kain atau pun lap lembut yang berpori. Cara merawat mesin mobil ini bisa Anda lakukan paling tidak setiap 3 bulan sekali agar mesin selalu dalam keadaan bersih.

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang cara merawat mobil agar performa mesinnya terjaga. Semoga saja bermanfaat.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *