Monday, 16/7/2018 | 8:45 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Tips Mudah Bersihkan Karburator Motor

Tips Mudah Bersihkan Karburator Motor

Karburator ini merupakan salah satu komponen yang mempunyai peranan cukup penting sekali dalam kerja mesin, karena karburator tersebut berperan sebagai media pencampuran udara serta bahan bakar untuk pembakaran pada kendaraan. Oleh karena itulah, sering-seringlah mengecek karburator dan bersihkan bila memang sudah waktunya untuk dibersihkan, sehingga tak jadi penyebab dari kerusakan pada kendaraan, terlebih lagi pada kendaraan keluaran lama atau pun kendaraan yang sudah berumur.

Tips mudah bersihkan karburator motor

  • Anda dapat memulainya dengan membersihkan bagian pembersih udara yang biasanya disebut dengan filter udara yang terpasangkan pada lubang karburator. Caranya adalah dengan melepaskan filter udara tersebut kemudian bersihkan dengan menggunakan angin yang bertekanan tinggi, contohnya sata edngan kompresor, akan tetapi karburator ada yang dibuat dari bahan busa. Apabila filter udara karburator dibuat dari busa, maka Anda dapat mencucinya sampai bersih lalu diamkan sampai mengering.
  • Bila Anda sudah membersihkan filter udara pada motor Anda, lalu coba lepaskan baut yang terpasang pada karburator berserta dengan choke srta kran bensinnya.
  • Setelah itu, Anda dapat melepaskan baut tadi, lalu lepaslah komponen karburator seperti halnya pelampung, mengkuk karburator, jarum pelampung, pilot jet, main jet, dan lain sebagainya. Letakkan saja komponen karburator yang Anda lepas ke dalam wadah yang diisi bensin.
  • Bersihkan saja karburator dengan menggunakan kuas, bila sudah lanjutkan dengan menyemprot dengan angin dari kompresor supaya kotoran yang menempel pada bagian lubang karburator menjadi hilang. Sementara itu, untuk hilangkan kotoran pada spuyernya Anda dapat membersihkan dengan cara mengamplas secara tipis-tipis menggunakan amplas halus dan jangan yang terlalu ditekan, supaya ukuran diameter spuyernya tak berubah.
  • Pasanglah kembali yang Anda bersihkan tadi dan berhati-hatilah jangan yang terlalu kencang dalam memasangkan spuyernya. Atur ketinggian pelampung bensin menggunakan jangka sorong atau pun sikmat.
  • Langkah terakhir adalah dengan memasangkan kembali komponen yang sudah Anda bersihkan tadi seperti semula. Jangan lupa juga untuk menyetel kondisi mesin motor Anda, bisa dengan melakukan pemutaran spuyer angin-anginnya hingga mentok dan juga memutarnya dengan arah jarum jam, yang demikian ini dilakukan untuk menemukan standar yang pas untuk motor Anda.

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang tips mudah bersihkan karburator motor yang dapat kami bagikan. Semoga saja bermanfaat.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *