Wednesday, 18/7/2018 | 4:32 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Bodi Motor Anda Bergetar, Mungkin Ini Penyebabnya

Bodi Motor Anda Bergetar, Mungkin Ini Penyebabnya

Otolibs.com – Bodi pada sepeda motor adalah bagian yang berfungsi sebagai pelindung jeroan, mulai dari rangka, mesin, hingga sistem kelistrikan. Selain itu bodi juga merupakan faktor penting yang menunjang penampilan dari sepeda motor. Tak heran jika para produsen motor berlomba-lomba mendisain bodi dari barang dagangannya semenarik mungkin untuk menarik pelanggan.

Namun, bodi pada suatu motor sering terkena masalah. Masalah tersebut adalah bergetarnya bodi sehingga menimbulkan bunyi yang mengganggu ketika mesin motor dinyalakan.

Lalu, apa sebenarnya yang menyebabkan bodi bergetar dan berbunyi?

Dikatakan oleh Asep Suherman, Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong, getaran atau bunyi yang timbul pada sepeda motor itu dikarenakan presisi bodi sudah tak sama. Namun, menurutnya hal itu tak selalu disebabkan oleh bagian socket clip atau pengunci yang patah.

“Ini akibat adanya pemuaian. Dikarenakan bahan bodi ketika terkena pengaruh atau perubahan iklim, pasti mengalami pemuaian. Makanya lama kelamaan mengalami getaran,” ungkap Herman saat berbincang dengan Liputan6.com, di bengkel AHASS Daya Motor Cibinong, Bogor, Senin (20/3/2017).

Pemuaian ini biasanya disebabkan karena penggunaan sepeda motor yang sudah cukup lama, setidaknya sudah diatas dua tahun. Selain itu, getaran pada bodi juga dapat disebabkan karena pemasangan baud yang kendor. Hal itu menyebabkan karena adanya celah antara bodi dan rangka.

Untuk mengatasi hal tersebut, Herman menjelaskan bahwa masih dimungkinkan untuk dilakukan perbaikan selama klip atau pengunci tak patah.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *