Wednesday, 18/7/2018 | 8:33 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Penyebab Pintu Mobil Sulit Dibuka Saat Banjir

Pintu Mobil Susah Dibuka Saat Banjir Inilah Penyebabnya - Copy

Dimusim hujan seperti ini tentu banjir tidak akan terelakkan di jalanan. Biasanya para pengendara motor ataupun mobil selalu menerobos banjir dengan genangan air yang sangat tinggi serta membuat mobilnya mogok dan sehingga tidak dapat keluar dari mobil dikarenakan pintu mobil yang susah dibuka.

Hal tersebut tentu saja tidak akan terbuka mengingat adanya tekanan air yang sangat kuat dari luar. Pintu akan lebih mudah terbuka jika di dalam kabin sudah dipenuhi air. Hal yang sama juga tentu saja terjadi jika mobil masuk ke dalam sungai ataupun danau. Maka alangkah baiknya jika anda membuka jendela bila genangan air naik hingga pintu mobil.

Cara tersebut tentu saja harus dilakukan untuk memberi jalan air masuk ke dalam kabin sehingga pintu dapat terbuka dengan mudah dan jangan lupa untuk membuka kunci pintu secara manual terlebih dahulu.

Penyebab dari pintu mobil susah dibuka bisa dikarenakan oleh kawat atau link penarik mekanisme pengunci pintu yang tidak tertarik secara maksimal oleh tuas dari bagian dalam. Untuk membuktikan hal ini cukup mudah yakni buka sekrup pengancing handle pintu bagian dalam dengan menggunakan obeng setelah sekrup dibuka maka tarik rumah tuas tersebut ke arah depan dalam keadaan pintu yang tertutup.

Jika pintunya mau terbuka, berarti hal tersebut memang benar bahwa kawat penarik mekanisme kunci yang bermasalah. Tidak maksimalnya dalam menarik mekanis kunci yang jadi masalahnya. Dengan tidak maksimalnya link dalam menarik mekanisme pengunci tentu hal ini bisa disebabkan oleh tekukan kawat yang mulai lurus lantaran sering tertarik.

Untuk mengembalikan tekukannya maka buka doortrim dulu lalu jika pada mobil Avanza maka harus mencabut door lock dan diikuti dengan melepas cover baut pada  spion dan plastik agar memancing doortrim yang letaknya di pojok atas bagian depan.

Jika sudah maka lebih baik di tarik atau anda bisa mencongkelnya dengan menggunakan jari tangan di sisi-sisi samping bawahnya, lalu dorong ke bawah dan jika sudah terlepas maka akan terlihat kawat atau link penarik mekanisme pengunci pintunya. Anda hanya perlu membengkokan sedikit salah satu tekukannnya dengan menggunakan tangan atau tang. Itulah penyebab dari pintu mobil yang tidak bisa dibuka.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *