Wednesday, 18/7/2018 | 8:32 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Hal-Hal yang Bisa Bikin Ac Mobil Cepat Rusak

AC mobil tidak dingin

 

Otolibs.com – Saat berada di dalam mobil dengan cuaca yang panas ditambah dengan kemacetan yang sangat panjang tentu akan membuat ruangan menjadi sangat panas. Apalagi jika AC yang ada pada mobil terjadi kerusakaan sehingga menyebabkan AC mobil tidak dingin.

Suasana panas yang luarbiasa ditambah dengan udara yang tidak bisa berganti bisa jadi akan menguras emosi Anda. Oleh karena itulah, sebenarnya AC mobil harus Anda rawat dengan baik jika tidak ingin AC mobil menjadi tidak dingin dan bahkan tidak berfungsi.

Bahkan, karena kurang berhati-hati bisa menyebabkan AC menjadi cepat rusak. Perbuatan yang sepelepun bisa saja membuat kerusakaan pada AC yang terdapat pada mobil dan membuat AC tidak berfungsi dengan baik.

Berikut berbagai hal sepele yang menyebabkan AC mobil rusak.

Membuka Jendela Saat AC Menyala

Bisa jadi karena AC dirasa tidak bisa memberikan udara yang sejuk pengguna akan menambah udara yang bisa masuk ke mobil dengan membuka cendela mobil. Bahkan terkadang jendela ini juga dibiarkan terbuka begitu saja dalam jangka waktu yang lama padahal AC mobil juga masih menyala.

Hal ini hanya akan menyebabkan AC menjadi rusak dalam jangka waktu yang cepat. Kompresor yang ada pada AC mobil akan bekerja menjadi lebih berat dan kemudian membuat kinerja kompresor menjadi tereksploitasi.

Kabin Kotor

Kabin yang sudah kotor karena debu yang menumpuk dibiarkan begitu saja dan tidak dibersihkan juga akan menyebabkan AC mobil tidak dingin hingga rusak. Bisa-bisa kotoran dan debu yang tadinya ada di kabin akan terbawa dan masuk ke bagian filter AC. Semakin banyak debu yang menempel maka filter akan terhenti dan AC pun juga menjadi rusak.

Pemakaian Pewangi yang Tidak Sesuai

Pewangi memang akan sangat membantu untuk membuat ruangan didalam mobil menjadi lebih wangi dan lebih segar. Tetapi, Anda juga harus memperhatikan jenis pewangi harus dipilih sesuai dengan apa yang sudah disarankan untuk mobil tersebut. Tetapi sebaiknya hindari pewangi berbetuk gel karena bisa meresap dan masuk sehingga menyebabkan AC mobil tidak dingin.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *