Monday, 16/7/2018 | 8:48 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Penyebab Skutik Injeksi Tiba-tiba Mati

motor matic tibatiba mati total

Otolibs.com – Menggunakan motor matic memang akan memberikan pengendara bisa berkendara dengan lebih praktis. Tetapi ketika motor matic ini mengalami masalah apalagi motor tersebut mengalami mati total secara tiba-tiba pasti akan sangat merepotkan.

Ada berbagai penyebab dari motor matic tiba tiba mati total. Berbagai penyebab seperti berikut ini sudah pasti harus segera Anda hindari supaya tidak mengalami kerepotan dalam mengurus motor matic yang secara tiba-tiba rusak dan mati. Berikut ini beberapa penyebab skutik injeksi tiba-tiba mati.

Filter Udara yang Kotor

Kemungkinan pertama yang membuat motor matic Anda secara tiba-tiba mati adalah adanya masalah pada filter udaranya. Filter udara ini memiliki fungsi sebagai penyaring udara yang nantinya akan masuk keruang pembakaran.

Dengan adanya filter udara ini diharapkan bisa memaksimalkan pembakaran yang terjadi pada ruang bakar tersebut. Sedangkan ketika filter udara tersebut kotor dan bahkan memiliki endapan debu yang banyak akan membuat pembakaran menjadi tidak maksimal.

Untuk mengatasi masalah filter yang menjadi kotor dan membuat motor ngadat ini sebaiknya cek kemudian bersihkan segera bagian filter tersebut. Filter harus segera dibersihkan dengan menggunakan cairan khusus supaya bisa digunakan dengan lebih lancar lagi dan apabila memang sudah dalam kondisi kotor yang parah, maka yang harus dilakukan adalah mengganti filter udara dengan yang baru.

Injektor yang Kotor

Motor matic tiba tiba mati total terutama untuk jenis injeksi juga bisa dikarenakan adanya injektor yang kotor dan tidak baik. Hal ini juga membuat pendistribusian dari bahan bakar menjadi tersumbat sehingga menyebabkan motor akan menjadi tersendat dan bisa menjadi mati secara tiba-tiba. Untuk mengatasi hal ini maka yang perlu dilakukan adalah dengan membersihkan komponen yang sekiranya kotor tersebut.

Mesin yang Terlalu Panas

Motor matic injeksi juga akan mati secara tiba-tiba ketika motor mengalami penggunaan secara berlebihan dan menyebabkan mesin menjadi terlalu panas. Mesin yang terlalu panas ini akan membuat kinerja mesin menjadi tersendat hingga menyebabkan mati secara tiba-tiba tersebut.

Untuk mengatasi hal ini maka segera berhentikan terlebih dahulu beberapa saat ketika motor sudah mengalami panas yang terlalu tinggi. Paling tidak diamkan selama 2 menit ketika motor matic tiba tiba mati total, motorpun bisa digunakan kembali.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *