Monday, 16/7/2018 | 8:54 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Agar Garansi Vespa Anda Tidak Hangus

9. Agar Garansi Vespa Anda Tidak Hangus

Otolibs.com – Untuk Anda pecinta kendaraan klasik serupa vespa dan kawan-kawannya, tentunya Anda menginginkan vespa bergaransi sehingga apabila ada kerusakan maka bisa dipertanggungjawabkan oleh penjualnya atau bahkan memperoleh pelayanan yang semestinya. Daripada membeli vespa di forum jual beli yang belum tentu meyakinkan kelengkapannya, kesehatan mesinnya, dan performanya.

Mungkin dalam segi harga, membeli vespa bekas karena harga vespa lamalebih murah, namun belum tentu bisa memuaskan dari segi fitur dan fasilitas.Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka oleh karena itu disarankan untuk membeli vespa pada lembaga resminya.

Setiap pembelian skuter Piaggio dan Vespa melalui PT Piaggio Indonesia (PID) dipastikan akan mendapat garansi resmi selama dua tahun. PID memberikan garansi untuk beberapa komponen vespa yang menempel kecuali pada bagian-bagian tertentu yang dapat habis karena pemakaian dalam jangka pendek maupun lama, semisal ban, lampu, dan kanvas rem.

Selain komponen-komponen diluar itu, konsumen diharuskan menjaga vespa agar tetap dalam kondisi standar seperti ketika rilis pertama dari pabrik. Bahkan ketika berniat untuk membeli vespa Anda perlu mengetahui tentang informasi dan harga vespa lamasehingga bisa mengkondisikan budget secara baik.

Inilah kriteria vespa yang garansinya bisa hangus.

Dimodifikasi

Bila vespa Anda sudah dimodifikasi maka secara otomatis garansi vespa Anda akan hangus. Peraturan garansi hangus memiliki kriteria yang sama dimanapun tempatnya. Jika Vespa dimodifikasi, sudah jelas garansinya hangus.

Aftersales Director Piaggio Indonesia, Rakhmat Cahyo Pratomo mencontohkan seumpama pengguna vespa memodifikasi bagian kaki vespanya maka garansi yang diberikan akan hilang.

Lalu jika memodifikasi mesin namun modifikasinya tidak sampai merusak mesin vespa, maka garansi akan tetap berlaku. Sebaliknya jika rusak maka garansi hangus.

Melakukan Perawatan Diluar Bengkel Resmi

Melakukan perawatan di luar bengkel resmi dengan spare part yang bukan keluaran pabrikan dipastikan akan mengakibatkan garansi hangus, terlebih untuk vespa yang   dipakai untuk balapan.

Sudah bisa dipastikan garansinya akan hangus begitu saja. Salah satu keuntungan membawa vespa servis ke bengkel resmi adalah konsumen dipastikan akan mendapatkan komponen original dan cocok untuk vespa. Selain itu, bengkel resmi selalu memastikan kendaraan berfungsi sesuai standarnya. Bengkel resmi, menurut Rakhmat tidak akan mengotak-atik dan bermain-main diranah peningkatan performa vespa.

Jika ingin membeli vespa dengan harga lebih rendah Anda bisa mencari vespa bekas. Harga vespa lamayang bekas ternyata lebih rendah dan bahkan Anda bisa melakukan modifikasi sendiri.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *