Wednesday, 18/7/2018 | 4:33 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Alasan Nitrogen Lebih Direkomendasikan dibanding Angin Biasa

7. Alasan Nitrogen Lebih Direkomendasikan dibanding Angin Biasa

Otolibs.com – Saat hendak mengisikan angin pada ban, tentunya Anda akan dihadapkan pada dua pilihan, nitrogen atau angin biasadan kebanyakan orang akan mengalami kebingungan. Apa sih yang membedakan kedua jenis angin tersebut?. Salah satu yang menjadi perbedaan adalah harga angin nitrogenyang jelas lebih tinggi dari angin biasa.

Belakangan ini pengguna nitrogen semakin banyak dan menjamur dimana-mana, tapi sayangnya banyak para konsumen yang tidak mengetahui apa kelebihan nitrogen dibandingkan dengan angin biasa.Berikut kelebihan nitrogen dibanding angin biasa yang perlu anda ketahui.

Peningkatan Suhu Nitrogen Tidak Secepat Angin Biasa

Biasanya, ban yang menggunakan nitrogen memiliki tekanan angin yangstabil ketimbang ban yang menggunakan angin biasa. Hal ini disebabkan oleh partikel molekul nitrogen yang lebih besar dibandingkan dengan molekul angin biasa sehingga angin akan lebih sulit keluar dari pori-pori ban.

Lebih Efisien

Dengan molekul udara yang lebih besar, angin di ban akan lebih sulit berkurang. Hal ini akan memengaruhi laju kendaraan sehingga penggunaan bahan bakar akan lebih sedikit. Mengapa? Hal ini disebabkan oleh tekanan ban yang stabil. Apabila tekanan ban kurang, maka akan mempengaruhi laju kendaraan sehingga mesin harus bekerja lebih keras dan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar.

Ban Akan Menjadi Lebih Awet

Meskipun harga angin nitrogensedikit lebih mahal, tetapi angin untuk mengisi ban memiliki pengaruh terhadap usia pakai ban.

Penggunaan angin biasa bisa jadi menyebabkan karet ban menjadi cepat keras karena oksidasi yang terjadi. Oleh karena itu banyak yang merekomendasikan untuk menggunakan angin nitrogen agar usia pakai ban menjadi sedikit lebih lama. Selain itu, ban dengan isi nitrogen akan lebih tahan lama.

Menjaga Velg

Selain lebih awet, kadar molekul pada Nitrogen tidak akan menyebabkan korosi atau karat pada velg ban. Hal ini disebabkan oleh karakteristik Nitrogen yang terdiri dari gas kering dan tidak mengandung air samasekali. Mengingat angin biasa memiliki kadar air yang tinggi. Air adalah penyebab utama terjadinya karat pada besi, atau dalam kasus ini velg ban kendaraan Anda.

Dengan menggunakan nitrogen ban akan lebih awet dan tentunya membuat perjalanan semakin nyaman.Walauharga angin nitrogenyang lebih mahal dari angin biasa jelas akan menguntungkan bagi Anda dan kendaraan pribadi Anda.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *