Wednesday, 18/7/2018 | 8:27 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Upaya Toyota Untuk Perkecil Efek Kecelakaan

8. Upaya Toyota Untuk Perkecil Efek Kecelakaan

Otolibs.com – Dalam beberapa artikel diterangkan bahwa Toyota Indonesia mengundang 100 jurnalis untuk datang dan mengintip seberapa ‘wah’ dapur riset mereka selama ini.

Ada beberapa alasan mengapa Toyota melakukan hal ini, terlebih belum lama ini Toyota tersandung masalah airbag inflator “Takata” yang menyebabkan produsen otomotif raksasa asal Jepang itu harus menarik ulang sejumlah unit mobil yang menggunakan komponen tersebut, termasuk yang berada di Indonesia.

Fitur-Fitur Keamanan yang Disematkan Oleh Toyota

Untuk menekan angka kematian yang tinggi akibat kecelakaan lalu lintas, Toyota tidak hanya melakukan berbagai macam kampanye keselamatan dalam berkendara.Semisal mengkampanyekan pentingnya penggunaan sabuk pengaman. Selain ituToyota Indonesiajuga mengembangkan berbagai macam fitur untuk mengantisipasi dampak fatal akibat kecelakaan dalam berkendara.

Fitur Alarm

Fitur yang paling sederhana dalam beberapa tipe kendaraan terutama kelas menengah atas, adalah fitur yang memberi peringatan serupa alarm apabila pengendara dan penumpang di bagian depan tidak mengenakan sabuk pengaman.

Fitur Airbag

Fitur kategori keamanan pasif (passive safety) berupa airbag atau kantong udara yang diharapkan bisa mengurangi dampak fatal akibat benturan keras ketika terjadi kecelakaan.

Untuk hal itu, Toyota melakukan riset ketahanan mobil berupa uji tabrak pada kendaraan yang akan diproduksi secara massal untuk mengetahui seberapa besar dampak kecelakaan pada pengemudi dan penumpang terutama bagian depan.

Keunggulan Toyota Human Model for Safety (THUMS)

Dalam uji tabrak, Toyota Indonesiamenggunakan Toyota Human Model for Safety (THUMS), semacam boneka atau bahkan robot yang mirip dengan manusia lengkap dengan rancangan otot, tulang, ligamen, tendon dan organ dalam sehingga tim riset bisa menganalisis seberapa besar efek tabrakan pada organ vital manusia.

Selain itu, produsen otomotif asal Jepang itu juga mengembangkan fitur keamanan aktif (active safety) seperti Pre-Collision System (PCS) guna menghindari tabrakan atau meminimalisir dampak kecelakaan fatal baik pada pengemudi maupun manusia yang tertabrak.

Salah satunyadisebutdenganfitur Vehicle Stability Control (VSC).DimanaVehicle Stability Control (VSC) adalah fitur yang mampu mengendalikan kendaraan lebih stabil di jalanan licin sehingga tidak slip. Automatic High Beam (AHB) juga ada untuk meningkatkan visibilitas pada malam hari sehingga membantu pengemudi menghindari kecelakaan.

Dengan beragam upaya itu, layaklah Toyota menjadi pemimpin dalam keselamatan berkendara.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *