Wednesday, 18/7/2018 | 4:35 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Walaupun Lebih Irit Lampu LED Ada Kelemahannya Juga

LED

Otolibs.com – Lampu Light Emitting Diode atau sering kita sebut lampu LED, dibandingkan dengan lampu Halogen ataupun High Intensity Discharge (HID) sekalipun masih kalah irit dari segi penggunaannya, karena LED mempunyai satuan daya yang lebih kecil dibandingkan dua jenis lampu tersebut, hal tersebut membuat tidak terlalu menyedot daya aki atau baterai terlalu banayak.

Tapi Head Marketing CV Sampurna Part Niaga (Autovision), Dedy Kurniawan menuturkan, walaupun lebih irit, harus ada perhatian lebih sebelum lampu LED disematkan.

“Sebelum memasang LED ini, pastikan kelistrikannya benar-benar stabil enggak ada kerusakan,” ujarnya saat ditemui detikOto beberapa waktu lalu.

lanjut Dedy menambahkan, jika kelistrikan pada mobil tidak benar atau tidak stabil, lampu LED yang di gunakan pada mobil, dapatlah pada saat itu mati dengan seketika. meski LED ini lebih awet dan irit dibanding lampu HID ataupun Halogen.

“kalau LED itu biasanya dia butuh listrik yang stabil. Kalau tidak, enggak awet dia. Salah satunya itu yang bikin awet,” tuturya.

“Lebih awet dari halogen dan HID, betul karena long life time LED paling awet diantara dua lampu tadi (HID dan Halogen), yaitu sampai ke 42 ribu jam kalau LED yang bagus. Cuma ketika listriknya ga stabil LED itu bisa mati dia, karena sama seperti sifat gas halogen atau HID semua lampu itu butuh kelistrikan yang stabil,” pungkas Dedy.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *