Wednesday, 18/7/2018 | 4:39 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Lubang Kecil pada Knalpot Ternyata Ada Fungsi

Lubang Kecil pada Knalpot Ternyata Ada Fungsii

 

Otolibs.com – Tidak banyak yang tau kalau beberapa sepeda motor dilebgkapi oleh lubang kecil yang berada pada bagian bawah dekat silincer. Terutama pada motor-motor lawas seperti Honda Karisma atau Yamaha Nouvo.

Sekilas memang lubang kecil ini tidaklah ada gunanya. Bahkan ada juga yang mengira lubang tersebut adalah cacat pada saat pemproduksian. Lubang ini besarnya tidaklah lebih dari 2 milimeter ini pun kemudian ditutup. Tapi benarkah begitu?

“Memang banyak yang tidak mengerti tutup lubang itu. Padahal itu tempat untuk saluran pembuangan kalau-kalau knalpot kemasukan air,” ujar Eko Safitrianto, mekanik Clinic Motor, Jakarta Selatan kepada Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Disaat sepeda motor kita gunakan saat hujan, bahkan saat melewati genangan banjir, atau ketika di cuci, knalpot motor yang berpotensi kemasukan air. Kalau air ini masuk sampai kedalam mesin, dapat dipastikan motor kita ngambek dan tidak mau jalan lagi.

Dengan adanya lubang ini, maka kemungkinan tersebut dapatlah kita minimalisir. Air akan keluar sebelum melewati pangkal knalpot.

Lalu dapatkah lubang ini kita buat? Menurut Eko, Bisa. Dengan syarat lubang tersebut tidaklah boleh terlalu besar. Yang aman adalah dengan mengikuti standar pabrikan, 1 sampai 2 mm.

“Bikin lubang sendiri bisa, dibor saja. Tapi ingat jangan kebesaran. Ikuti standar pabrik, satu lubang diameternya 1 sampai 2 mm. Soalnya, kalau kebesaran tidak enak, jadi seperti knalpot bocor suaranya,” tutup Eko.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *