Monday, 16/7/2018 | 8:57 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Melegalkan Moge Bodong

cara melegalkan moge bodong

Fenomena maraknya mobil mewah membuat sejumlah orang rela mengeluarkan biaya yang cukup fantastis untuk membelinya. Meskipun ada orang yang membeli kendaraan mewah walau tanpa dilengkapi surat resmi kendaraan. Fenomena semacam itu tidak hanya berlaku pada mobil saja, melainkan juga sepeda motor.

Bahkan untuk kemunculan motor bermesin yang memiliki tenaga besar atau disebut juga moge, tanpa STNK atau surat tanda nomor kendaraan sudah muncul di era tahun 90-an. Biasanya motor gede atau moge ini masuk ke Indonesia tanpa dilengkapi dengan surat karena melalui jalur ilegal atau tidak resmi.

Tidak hanya itu saja, moge yang dikirimkan juga ada yang hanya berbentuk komponen saja untuk kemudian dirakit sendiri di bengkel khusus untuk moge.

Salah satu dari sekian alasan orang memilih moge tanpa surat adalah karena terlalu panjang dalam membuat atau proses yang harus dilewati untuk membuat moge tersebut menjadi resmi.

Ada banyak orang yang sudah terlanjur memiliki moge tidak resmi atau moge bodong yang sudah tidak baru lagi. Berikut adalah cara melegalkan moge yang mudah tanpa proses panjang.

Cara Melegalkan Moge Bodong:

  • Hal yang pertama untuk melegalkan adalah terlebih dahulu datang ke Departemen Perindustrian, di sini anda harus meminta TPT atau Tanda Pendaftaran Tipe.
  • Kemudian selanjutnya setelah moge tersebut sampai di Indonesia, anda harus segera membayar pajak bea masuk supaya mendapatkan berkas untuk Form A dan juga faktur. Nantinya Form A dan juga faktur ini akan disertakan dengan Tanda Pendaftaran Tipe yang sebelumnya sudah anda dapat dari Departemen Perindustrian
  • Ketiga, hubungi bagian Departemen Perhubungan dan minta SUT atau Surat Uji Tipe. Setelah mendapatkan SUT tersebut, anda harus kembali ke Departemen Perindustrian untuk mendapatkan surat rekomendasi.
  • Langkah yang kelima atau yang terakhir adalah pemilik motor gede harus menuju ke kantor Korlantas Polri guna meminta surat rekomendasi, kemudian bawa semua surat-surat yang sebelumnya anda minta untuk dibawa ke Samsat. Serahkan surat-surat tersebut ke Samsat, selanjutnya akan diproses untuk menjadi STNK dan juga BPKB atau Surat Pemilik Kendaraan Bermotor.

 

Tags:
About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *