Wednesday, 18/7/2018 | 4:21 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Tips Merawat Moge Agar Performa Tetap Gahar

tips merawat moge

Kendaraan untuk sebagian orang bukan hanya sebagai alat transportasi saja melainkan bisa menjadi benda kesayangan. Motor gede atau moge juga menjadi benda kesayangan yang oleh pemiliknya selalu dirawat dengan baik. Perawatan tersebut meliputi menjaga kebersihan motor dan menservisnya agar selalu dalam kondisi prima.

Karena harga moge ini setara dengan mobil kelas menengah ke atas maka dalam perawatannya tidak boleh asal-asalan. Dengan perawatan yang tepat maka kondisi moge akan selalu terjaga kondisinya sehingga tetap mulus dan gahar.

Berikut ini tips merawat moge agar performa tetap gahar untuk anda.

Melakukan Pengecekkan Secara Teratur

Beberapa komponen yang harus anda cek agar performa moge tetap prima adalah sistem kelistrikan, pelumasan, bodi dan komponen-komponen penting yang ada pada moge. Hal ini tentu sangat melelahkan dan membosankan sehingga banyak orang yang melewatkan hal penting ini karena berbagai alasan.

Jika anda ingin performa moge tetap gahar, ada beberapa poin penting yang tidak boleh dilewatkan sebagai berikut:

Mengganti oli

Pertama anda harus mengganti oli secara rutin karena performa moge sangat ditentukan oleh kinerja mesin yang optimal. Jika motor biasa penting diganti olinya secara berkala maka untuk big bike itu jauh lebih penting mengingat jika sampai terjadi kerusakan maka biaya yang harus dikeluarkan tidaklah sedikit.

Cek ketegangan rantai

Karena moge merupakan jenis motor yang memiliki tenaga besar maka penting sekali untuk melakukan pengecekan pada rantai secara berkala. Sebaiknya anda cek ketegangan rantai sebulan sekali karena tenaga yang besar dari mesin akan berpengaruh pada rantai sehingga rantai cepat kendor.

Kualitas bahan bakar

Anda tidak boleh menggunakan sembarang bahan bakar pada moge kesayangan. Terlebih lagi untuk moge seperti Honda CBR 250R dan Kawasaki ZX-R. Sebaiknya gunakan bahan bakar yang memiliki kandungan RON 95 seperti Pertamax Plus.

Sistem kelistrikan dan tekanan angin

Karena kebanyakan sistem kelistrikan pada moge sudah terkomputerisasi maka sebaiknya anda memberikan perhatian lebih pada akinya. Selain itu, tekanan angin juga tidak kalah penting karena kondisi ban yang kurang angin bisa mempengaruhi kinerja moge.

Jika anda sibuk dan tidak sempat merawat moge kesayangan maka bawalah ke bengkel resminya untuk melakukan pegecekan tersebut.

 

 

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *