Wednesday, 18/7/2018 | 8:26 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Ciri-Ciri Kaca Film yang Harus Diganti

9

Kaca film mobil merupakan aksesoris dengan manfaat yang banyak untuk setiap mobil yang menggunakan kaca film tersebut. Tidak hanya untuk menghalau panas saja tapi juga dapat membuat mobil lebih hemat bahan bakar dan pengguna mobil terjamin baik keamanan dari pencuri ataupun privasinya karena tidak terlihat dari luar mobil.

Kaca film juga memiliki daya tahan sendiri seperti halnya ban dan yang lainnya. Fungsinya dapat berkurang dengan berjalannya waktu dan bisa juga rusak yang membuat fungsinya menjadi tidak maksimal seperti semula.

Ciri Kaca Film yang Harus Diganti

Ada beberapa ciri kaca film yang harus diganti seperti pelapis filmnya yang sudah mulai terkelupas, warna yang mulai memudar dan adanya gelembung pada kaca film tersebut.

Kerusakan fisik tersebut dapat dilihat dari adanya goresan atau terkelupasnya kaca film pada mobil. Tapi gelembung pada mobil terjadi karena kaca film yang merekat tidak secara sempurna dan udara masuk ke dalam kaca film tersebut. Selain itu adanya gelembung juga karena saat pemasangan pertama memang kurang rapi.

Sedangkan warna yang pudar biasanya diakibatkan karena kaca film yang terlalu lama terkena paparan sinar matahari.

Sedangkan ciri kaca film yang bagus memiliki sifat seperti cermin, memantulkan sinar matahari dan tidak menyerap panas masuk ke dalam mobil. Selain itu kaca film yang baik juga dapat mereduksi infra merah. Kaca film mobil yang ideal memiliki kegelapan bagian depan 20% dan bagian belakang sebanyak 60%.

Cara Membersihkan Kaca Film

Faktor yang menyebabkan performa kaca film karena paparan sinar matahari dan tidak mengetahui cara membersihkan kaca film yang baik. kaca film sendiri tidak boleh terlalu sering dilap, baik menggunakan lap atau dengan kanebo karena dapat merusak lapisan pelindungnya.

Gunakan kain lap microfiber untuk membersihkannya supaya tidak merusak lapisan pada kaca film mobil. Dapat juga menggunakan sampo bayi untuk membersihkannya agar menjadi lebih bersih. Setelah kaca film terkena air hujan, segera bersihkan dan bilas dengan air bersih supaya kaca film juga tidak mudah terkelupas.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *