Friday, 21/9/2018 | 3:33 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Melirik Sportcar Ramah lingkungan dari BMW i8

Melirik Sportcar Ramah lingkungan dari BMW i8

Otolibs.com – Seiring berjalannya waktu, pengembangan mobil di dunia mulai bergeser kepada penciptaan kendaraan bermotor dengan teknologi ramah lingkungan. Seperti yang kita ketahui emisi kendaraan bermotor terutama mobil memang cukup mendominasi tingkat pencemaran lingkungan beberapa dekade belakangan. Tidak ketinggalan produsen mobil asal Jerman yaitu Bayerische Motoren Werke (BMW) yang tahun ini mengeluarkan BMW i8.

BMW i8 merupakan mobil hybrid sportcar futuristis desain yang telah diproduksi secara masal pada tahun ini. BMW Indonesia pun tidak ketinggalan membawa BMW i8 ini ke Indonesia, dan Autocar Indonesia lah yang menjadi media pertama penjualan produk unit tes i8 di Indonesia. Ketika berjumpa pertama kali dengan mobil ramah lingkungan ini adalah bentuknya yang sangat keren dan futuristis.

Eksteriornya disesuaikan dengan ide sportcar yang mengedepankan aerodinamis tingkat tinggi dan modern. Tampilan depannya masih menggambarkan khas dari BMW dengan grille-nya. Untuk lampu utama baik depan maupun belakang sudah menyesuaikan standar lampu masa kini yang menggunakan LED agar lebih tajam menyorot jalanan.

Ketika menjunjung aerodinamis tidak lupa BMW memikirkan penggunaan material bodi, sehingga diputuskan menggunakan carbon-fibre reinforced plastic (CFRP) yang berbobot ringan namun kuat. Itulah mengapa bobot mobil ini hanya 1.486 kg. Mari kita sedikit membahas isi kabin dari Supercar Sporty BMW ini.

Ketika melihat didalam kabin, anda akan disajikan nuansa layaknya mobil supercar elite yang biasa lalu lalang digunakan artis internasional. Sebagian besar dalam kabin dikelir biru yang memang merupakan warna khas dan sudah jadi identitas BMW i Series.

Bagian menarik jika membahas otomotif adalah mengenai mesin mobil. Ketika mesin i8 dinyalakan tidak terdengar apa-apa. Hanya layar instrumen yang menyala. Ini menandakan hanya baterai saja yang bekerja. Teknologi hybrid yang diusung BMW menggabungkan penggunaan baterain dan bensin secara bersamaan. Tenaga motor listrik bersanding dengan mesin bensin dengan 3-silinder berkapasitas 1.5 turbo

Pasti penasaran, kenapa mesin tiga silinder kapasitas kecil tapi menggunakan turbo dan ditambah lagi dengan motor listrik? Jadi i8 ini mesin konven menggerakkan roda belakang sementara motor listrik digunakan untuk menggerakkan roda depan dan sanggup melaju dengan tenaga 362 hp dan torsi 570nm.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *