Friday, 21/9/2018 | 3:15 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

6 Tips Supaya Rem Cakram Makin Pakem

6 Tips Supaya Rem Cakram Makin Pakem

Otolibs.com – Rem merupakan salah satu komponen penting.Hal ini dikarenakan rem memiliki fungsi untuk memperlambat laju kendaraan atau memberhentikan saat kondisi mendadak. Jika rem tidak dapat berfungsi dengan baik otomatis keselamatan Anda di jalan juga dipertaruhkan. Rem sendiri dibagi didalam dua jenis yaitu rem tromol dan rem cakram.

Rem cakram merupakan rem yang banyak digunakan pada kendaraan terbaru saat ini yang telah dilengkapi dengan sistem pengeraman model cakram. Bagi Anda para pengendara motor yang menggunakan rem cakram ada baiknya ketahui cara agar rem cakram makin pakem. Berikut ulasan lengkapnya.

6 Tips Supaya Rem Cakram Makin Pakem

Lakukan Penggantian Minyak Rem

Bagi Anda para pengguna motor cakram pastinya sebagian besar menggunakan minyak rem cakram. Minyak cakram merupakan piranti yang brfungsi untuk mendorong piston dan menekan kampas rem. Minyak rem umumnya memiliki batas penggunaan, untuk itu ikuti aturan tersebut dan menggantinya dengan rutin.

Mengganti Selang Rem

Selang rem merupakan komponen yang ada pada rem cakram yang berfungsi sebagai penyalur minyak menuju ke caliper rem. Selang rem terdapat dua varian yaitu standar atau racing. Jadi bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Mengganti Master Rem

Masih didalam komponen cakram rem, langkah selanjutnya yang dapat dipilih agar rem cakram makin pakem adalah dengan mengganti master rem. Master Rem sendiri mempunyai fungsi untuk mendorong minyak rem kedalam kaliper supaya rem lebih pakem, sehingga lebih aman saat digunakan.

Mengganti Kaliper Cakram

Kaliper mempunyai fungsi sebagai tujuan terakhir dari skema rem hidraulis yang bertugas untuk mendorong kampas rem dan menekan cakram sehingga akan makin pakem.

Lakukan Penggantian Cakram

Seperti halnya piranti lainnya yang terdapat dalam motor yang memiliki batas waktu pemakaian, cakram juga memilikinya. Untuk itu sebaiknya Anda ganti dengan yang baru saat kondisinya memang harus diganti.

Lakukan Perawatan Cakram

Tidak hanya pada bagian cakram saja yang harus dilakukan perawatan namun ada baiknya saat Anda di rumah dan membersihkan kendaraan, coba sambil cek selang rem apakah bocor atau tidak. Jika iya maka bisa segera mungkin untuk diperbaiki. Dengan pemantauan perawatan yang rutin maka bisa mendeteksi lebih dini kondisi rem cakram pada motor Anda.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *