Monday, 24/9/2018 | 5:59 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Akibat Bersihkan Busi Motor Sembarangan

Akibat Bersihkan Busi Motor Sembarangan

 

Otolibs.com – Busi seperti yang telah diketahui memiliki fungsi sebagai pemercik api untuk dapat menghasilkan pembakaran di ruang mesin. Meskipun begitu maka harus ada perawatan tersendiri akan tetapi banyak juga yang salah dapat merawatnya. Terutama bagi para pemilik kendaraan bermotor yang sering kali membongkar kendaraannya sendiri.

Perawatan yang biasanya dilakukan oleh kebanyakan orang yaitu dengan melepas dan membersihkan busi dengan menggunakan amplas atau sikat kawat yang justru hal tersebut merupakan tindakan yang salah untuk dilakukan.

Akibat Bersihkan Busi Motor Sembarangan

Busi Terkikis

Teknikal support dari PT NGK Busi Indonesia mengatakan bahwa ketika busi dibersihkan dengan menggunakan amplas atau sikat maka hal tersebut ada kemungkinan businya terkikis dan akan membuat jarak grand elektroda atau kepala busi menjadi bergeser. Hal itu tentu saja dapat mengakibatkan kerenggangan atau justru terlalu rapat.

Jika yang terjadi sampai gapnya berbeda ukuran standar maka hal tersebut dapat membuat kerja busi menjadi tidak maksimal. Jarak kerenggangan busi dari pabrikan tentu saja sudah diukur secara persisi dengan menggunakan sebuah mesin. Jenis motor pun memiliki jarak yang berbeda-beda. Jika sampai bergeser maka akan secara otomatis mempengaruhi adanya percikan api yang dihasilkan.

Material Busi Menjadi Sensitif

Kebiasaan buruk lainnya adalah dengan mengetok kepala busi. Hal ini tentu saja sangat tidak diperbolehkan karena akan menyebabkan materialnya menjadi sangat sensitif. Dalam keadaan dingin maka metal akan memiliki sifat getas. Ketika diketok strukturnya maka material pun akan berubah. Efeknya parah dan umur busi jadi lebih pendek daripada seharusnya.

Meskipun hal  tersebut seringkali dilakukan sebagai salah satu upaya perawatan, maka hal tersebut sebetulnya tidak anjurkan jika busi harus dibersihkan secara manual. Pihak teknikal support dari PT NGK Busi Indonesia mengatakan  jika busi sudah kotor maka akan lebih baik jika langsung diganti dengan yang baru.

Fungsi Busi Menjadi Berkurang

Teknikal support dari PT NGK Busi Indonesia ini juga tidak menyarankan adanya pembersihan busi karena busi itu termasuk bahan yang sensitif dan jika ada yang bergeser sedikit atau berubah fungsinya maka akan berkurang juga manfaatnya. Jika sudah terlalu kotor maka lebih baik diganti dengan yang lebih baru dan itu jauh lebih aman untuk para pengendara motor.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *