Thursday, 18/1/2018 | 8:05 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Mendeteksi Kebocoran Sistem Rem

Cara Mendeteksi Kebocoran Sistem Rem

 

Otolibs.com – SepertiĀ  yang telah kita ketahui bersama bahwa rem merupakan salah satu fitur keselamatan yang digunakan oleh seluruh kendaraan baik motor ataupun mobil. Sehingga Anda perlu merawatnya secara rutin dan intensif.

Peringatan sebuah oli rem akan terjadi ketika mendeteksi bahwa bantalan rem sudah aus dan sudah lama sehingga Anda perlu melakukan isi ulang minyak rem yang dibutuhkan. Jika umur bantalan rem masih baru dan Anda harus terus menerus memberikan minyak rem maka itu artinya ada kebocoran pada oli rem mobil Anda.

Cara Mendeteksi Kebocoran Sistem Rem

Pemeriksaan Fisik

Kebocoran oli rem juga dapat di deteksi dari genangan minyak yang berwarna dibawah mobil atau pemeriksaan fisik di daerah yang terjadi kebocoran. Untuk itu sebaiknya Anda jangan pernah mengabaikan penurunan tingkat oli rem karena hal tersebut dapat menyebabkan kecelakaan besar.

Sekarang ini banyak sekali mobil yang menggunakan sistem pengereman hidrolis dan itu artinya sistem rem tersebut memanfaatkan cairan rem pada ruang vakum. Untuk masalah umum yang sering terjadi adalah kinerja rem yang berkurang karena adanya kebocoran.

Ketika bocor maka sistem rem tidak lagi vakum dan itu merupakan tekanan cairan rem berkurangatau bisa dikatakan hilang. Jika sudah terjadi halĀ  seperti itu maka akibatnya kendaraan tidak bisa mengerem dengan ideal lagi.

Melihat Bagian Bawah Mobil

Cara lain untuk mendeteksi kebocoran adalah melihat bagian bawah kendaraan setelah diparkir lama. Cairan rem yang keluar dari kebocoran tersebut merupakan tanda-tanda masalah. Untuk itu jangan meremehkan kotoran yang ada pada bawah mobil Anda.

Cara mendeteksi kebocoran pada oli rem memang tergolong mudah dan Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja. Anda dapat melihat di balik kap mesin dengan memeriksa logam untuk rem, piringan rem, karet dan metal joints untuk mengetahui tanda-tanda kebocoran.

Setelah itu periksalah area bawah mobil yang diparkir. Selain itu Anda dapat melihat kebocoran oli rem ketika ada genangan cairan yang bersifat transparan tipis. Lalu dengan melihat masalah pada rem di silinder utama dengan cara menemukan silinder utama dibagian belakang komponen mesin.

Pastikan bahwa tutup silinder terpasang dengan sangat rapat. Anda dapat membuka tutup tersebut dan periksa level oli rem di silinder utamanya.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *