Sunday, 23/9/2018 | 9:13 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Mengantisipasi Kopling yang Akan Rusak

Cara Mengantisipasi Kopling yang Akan Rusak

 

 

Otolibs.com– Perlu  Anda ketahui bahwa pelat atau kanvas kopling pada kendaraan bermotor  memiliki jangka waktu pakai  tertentu. Kopling merupakan salah satu komponen yang tergolong fast moving. Hal ini tentu saja harus Anda perhatikan dan harus lebih peka ketika kopling tersebut sudah akan datang masa pensiun.

Jika kopling dibiarkan aus maka akan menyebabkan kendaraan Anda menjadi bahaya dan tidak nyaman ketika digunakan. Untuk itu alangkah baiknya jika sudah merasakan tanda-tanda kerusakan maka segera periksakan dengan ganti yang baru.

Mengantisipasi Kopling yang Akan Rusak

Memperhatikan Tanda yang Muncul

Salah satu Technical Service Supervisor Astra Motor, Setyo Cahyanto mengatakan bahwa jika kopling sudah aus maka akan berakibat motor Anda menjadi kurang tenaga. Dalam artian motor tersebut menjadi tidak bisa digerakkan lagi melalui mesin.

Anda harus mengetahui tanda-tanda jika kopling sepeda motor Anda sudah mengalami keausan. Caranya sangat mudah yakni jika terasa perpindahan gigi yang sulit lalu terjadi slip pada putaran mesin atau pada tipe cub, kondisi slip tersebut tentu saja terjadi ketika sepeda motor Anda di start dengan starter manual. Selain itu tenaga motor Anda juga menjadi kurang.

Selain itu kopling juga memiliki jangka waktu pemakaian dan umumnya sekitar 24.000 km sekali. Jika Anda ingin membuat kopling awat maka Anda dapat melakukan perawatan dengan penggunaan motor dengan benar. Selain itu dengan pemakaian oli yang sesuai standar motor dan harus mengetahui jadwal mengganti oli, serta Anda dapat melakukan perawatan  di bengkel resmi.

Pergantian Kopling

Kopling yang merupakan peranti yang memiliki fungsi untuk meneruskan tenaga dari mesin ke roda motor ketika pelat kopling dan kanvas merapat ke poros engkol mesin. Sebaliknya juga ketika pelat kopling dan kanvas merenggang  dari poros engkol motor Anda maka aliran tenaga akan terlepas  secara otomatis.

Jika Anda pernah mengalami ketika pedal rem diinjak dalam-dalam dan gigi persneling telah dipindah pada posisi rendah akan tetapi mobil tetap melaju kencang maka Anda lebih baik berhati-hati karena hal itu biasanya karena kopling rusak dan biasanya kebanyakan orang memvonis pompa injector kotor atau adanya proses pembakaran yang tidak sempurna.

Dengan rusaknya kopling yang yang tidak perhatikan maka akan sangat membahayakan kondisi Anda dijalanan. Faktor umur kopling harus  Anda perhatikan baik-baik agar dapat mengganti  kopling setiap saat.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *