Friday, 21/9/2018 | 4:06 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Merawat Rantai Motor Paling Efektif

Cara Merawat Rantai Motor Paling Efektif

 

Otolibs.com – Rantai motor memang seringkali menjadi masalah bagi para pengguna motor sebagai kendaraan sehari-hari baik itu untuk ke sekolah, bekerja, atau melakukan apapun. Terlebih lagi jika terjadi musim hujan maka rantai akan kotor oleh lumpur dijalanan.Selain itu kering sebentar dan akan basah lagi jika terkena hujan sehingga hal tersebut akan menyebabkan kendur.

Jika rantai kendor maka akan menyebabkan motor berisik dan Anda tidak akan nyaman menggunakannya. Hal yang paling buruk adalah membuat motor Anda menjadi rusak. Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi bukan? Maka sebaiknya Anda harus merawat rantai motor dengan cara yang benar.

Cara Merawat Rantai Motor Paling Efektif

Bersihkan Kotoran Pada Rantai

Perlu Anda ketahui bahwa membersihkan kotoran pada rantai itu sangat penting. Hal tersebut tentu saja sudah jelas bahwa jika musim hujan maka akan menjadi bahaya bagi rantai. Hal itu cenderung membuat Anda menjadi malas untuk membersihkan motor karena beranggapan bahwa bisa dicuci setelah hujan turun.

Akan tetapi itu dapat menyebabkan rantai menjadi berkarat dan jikasudah berkarat maka akan menghambat kinerja motor. Bersihkan rantai dengan pembersih yang sudah ada serta jangan lupa untuk selalu memberikan pelumas.

Periksa Rantai Secara Teratur

Dengan memeriksa rantai secara berkala dan teratur maka akan menghindarkan motor Anda dari kerusakan. Selain itu bukan hanya sekedar mengencangkan atau mengendurkannya, akan tetapi harus mengatur pengunci pin sambungan pada rantai motor Anda dengan membersihkan kotoran-kotoran yang menempel. Akan lebih baik jika mengecek kondisi rantai tiap 1000 km sekali.

PotongRantai Satu Kali

Dengan memotong rantai satu kali saja hal tersebut sudah merupakan cara yang paling idealdan jitu  jika Anda menginginkan rantai motor awet. Hal tersebut dapat menghindarkan rantai motor menjadi kendur.

Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan untuk hal yang satu ini karena masih sah dan akan tetap aman. Yang harus diingat adalah jika Anda pernah memotong rantai satu kali maka jangan memotong rantai untuk kedua kalinya. Rantai hanya boleh dipotong satu kali saja jika lebih maka akan merusak rantai itu sendiri.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *