Friday, 21/9/2018 | 1:20 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Impian Mobil F1 Masa Depan

Impian Mobil F1 Masa depan

Otolibs.com – Dunia otomotif selalu mengalami perkembangan seiring dengan berjalannya waktu. Fitur-fitur baru yang dihadirkan ke pasaran otomotif tak lain dan tak bukan untuk menghadirkan produk yang sesuai dengan keinginan pasar, tidak terkecuali mobil yang digunakan untuk balap F1. Agar mampu menuai hasil maksimal maka mobil yang digunakan harus memiliki konsep futuristik.

Berikut ini beberapa konsep tentang mobil masa depan yang akan memeriahkan F1.

Impian Mobil F1 Masa Depan

Pabrikan Asal Perancis, Renault

Renault telah memperkenalkan konsep RS 2027 Vision. Konsep ini telah diklaim ramah lingkungan karena dicetak 3D dengan menggunakan bahan daur ulang. Dibekali dengan mesin V6 turbocharged dengan total tenaga 1 megawatt, dan komponen Kinetic Energy Recovery System (KERS) dengan tenaga berkekuatan 670 daya kuda, mobil yang digadang-gadang muncul 10 tahun ke depan ini akan menunjukkan wajah baru pada F1.

Renault memperkirakan desain mobil F1 nanti mempunyai kokpit tertutup dengan elemen aerodinamika yang berbentuk seperti pesawat tempur. Mobil F1 ini juga nantinya dilengkapi dengan fitur otonom untuk menjaga kecepatan mobil.

Dengan konsepRS 2027 Vision bodi yang diwujudkan akan menjadi lebih ringan dengan berat hanya 600 kg. Dengan konsep seperti di atas, diharapkan mobil F1 mendatang lebih baik daripada spek mobil F1 pada tahun 2017 ini.

McLaren

Lebih canggih dari Tim Renault, Mc Laren akan membuat mobil dengan kemudi pada otak manusia. Maksudnya, bukan dengan system sensor tetapi laju mobil benar-benar akan dikendalikan sesuai dengan pikiran manusia yang mengendarainya.

Sama dengan Renault, Mc Laren juga akan membuat kanopi sehingga terdapat kabin tertutup. Kokpit tertutup ini bertujuan memberikan keamanan kepada pengemudi yang mengendarai mesin bertenaga hybrid.

Tak hanya itu, pada bagian roda ditambahkan sensor komunikasiuntuk mengantisipasi ledakan ban. Pembalap juga akan mengenakan pakaian balap dengan teknologi canggih  yang mampu mendeteksi kondisi tubuhnya.

Red Bull Racing (RBR)

Berbeda dengan Renault, Tim Red Bull Racing (RBR) akan menambahkan kanopi pada bagian kokpit. Tim Red Bull Racing ini menamakan kanopi tersebut dengan “Aeroscreen”. “Aeroscreen” diharapkan mempunyai kelebihan dalam segi penampilan dan perlindungan dibanding sistem “Halo” yang telah diperkenalkan oleh Ferrari saat uji coba pada bulan Maret.

Sebagai percobaan, rencananya “Aeroscreen” ini akan diuji cobakan oleh Daniel Ricciardo pada mobilnya yang digunakan menjelang GP Rusia pekan ini. Daniel Ricciardoakanmenguji “Aeroscreen” di sirkuit Sochi saatlatihanpertama  GP F1 di Rusia.

Berbedadengan Renault yang memperkenalkankonsepnyauntukdicanangkan 10 tahunkedepan, Tim Red Bull Racing berharap system “Aeroscreen” dan “Halo” yang diusungoleh Ferrari dapatdigunakandalam GP F1 di tahun 2017 ini.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *