Monday, 21/5/2018 | 11:14 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Jangan Remehkan Tutup Pentil pada Ban Kendaraan Anda

1111

 

Otolibs.com – Pentil pada ban kendaraan merupakan bagian penting yang harus diperhatikan. Meskipun bentuknya yang kecil namun keberadaannya sangatlah vital. JikaAnda kurang memperhatikannya maka akan mengakibatkan keselamatan dipertaruhkan, hal ini dikarenakan pentil ban mempunyai fungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran ban.

Pada pentil ban terdapat inside core yang memiliki fungsi sebagai pintu keluar masuknya angin, inside core ini juga dilengkapi dengan per. Jika tidak ada pentil ban kendaraan maka bisa mengakibatkan kotoran seperti tanah, pasir, kerikil akan masuk, dan yang paling bahaya ketika musim hujan maka kotoran akan masuk dan mengering lalu mengeras dengan demikian akan menekan inside core dan dapat menjadikan ban mengalami kebocoran.

AkibatMeremehkan Pentil Ban Kendaraan

Menyebabkan Ban Bocor

Tutup pentil ban telah memiliki standar tersendiri, oleh karena itu jika Anda menerapkan tutup pentil disembarang kendaraan maka bisa mengakibatkan ban bocor, hal ini dikarenakan saat pentil tidak terpasang dan tertutup dengan baik maka bisa menyebabkan ban mengalami bocor.

Mengakibatkan Berbagai Kotoran Masuk

Terlalu meremehkan serta memasang pentil disembarang kendaraan hal ini bisa mengakibatkan pentil ban terlepas atau tidak dapat menutupi ban dengan baik. Pada pentil ban terdapat inside core yang berfungsisebagai pintu keluar masuknya angin, saat ban tidak mempunyai pentil penutup yang baik maka bisa menyebabkan kotoran seperti kerikil, tanah dan pasir masuk sehingga mempermudah terjadinya kebocoran ban.

Mengganggu Faktor Keselamatan

Meskipun bentuknya yang kecil namun keberadaan benda ini sangatlah vital, jika Anda terlalu meremehkannya maka bisa mengganggu keselamatan. Hal ini terjadi apabila pemasangan pentil ban tidak terpasang dengan baik maka mengakibatkan kotoran masuk, dengan demikian ban mudah bocor.

Memang terkesan remeh, karena ban hanya mengalami kebocoran dan bisa di tambal. Namun, apabila Anda sedang mengendarainya dengan kecepatan tinggi dan tidak bisa mengendalikannya maka bisa berakibat fatal. Oleh karena itu janganlah meremehkan benda kecil ini, karena pentil ban memiliki fungsi yang bisa memberikan rasa aman bagi Anda saat berkendara.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *