Monday, 21/5/2018 | 11:15 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Ketahui 5 Penyebab Rantai Motor Cepat Kendur

Ketahui 5 Penyebab Rantai Motor Cepat Kendur

Otolibs.com – Bagi Anda yang pernah mengalami rantai motor kendur sebaiknya kenali beberapa penyebabnya, masalah ini pasti sudah tidak asing lagi bagi para rider namun bagaimana dengan orang awam tentu sangatlah panik dan resah. Terlebih lagi saat terburu-buru. Untuk itu ulasan berikut dapat membantu Anda jika sewaktu-waktu rantai motor Anda kendur.

Penyebab Rantai Motor Cepat Kendur

Terlalu Sering Gas Secara Mendadak

Menarik tuas gas motor secara mendadak bisa membuat rantai motor kendur, oleh karena itu sebaiknya Anda kurangi kebiasaan ini agar kualitas motor lebih awet. Jangan menarik gas motor dengan kencang namun pelan-pelan saja secara bertahap.

Kelebihan Muatan

Sebenarnya disemua kendaraan pasti telah tertera bahwa terdapat maksimum muatannya berapa, untuk itu patuhilah aturan tersebut jangan memaksakan kehendak. Dengan kelebihan muatan maka bisa menyebabkan rantai motor kendur. Hal ini dikarenakan dilakukannya pemaksaan agar menarik lebih kuat serta jarak rantai juga akan lebih panjang karena beban terlalu besar.

Medan Jalan yang Kurang Bagus

Penyebab rantai motor kendur selanjutnya adalah dikarenakan medan jalan yang biasa Anda tempuh kurang bagus misal bergelombang, banyak lobang atau sering terkena lobang secara mendadak tentu hal ini dapat dengan mudah memciu terjadinya rantai motor kendur.

Kurangnya Perawatan

Seperti halnya manusia yang melakukan perawatan maka akan terlihat lebih menarik dan terawat, begitu pula dengan kendaran. Jika Anda jarang merawatnya otomatis akan dengan mudah membuat rantai motor menjadi kendur. Jika sering Anda gunakan maka sebaiknya lakukan service rutin agar dilakukannya pengecekan dan perawatan secara berkala.

Riding Style

Pada poin ini mirip dengan yang pertama, karena saat seseorang melakukan riding style otomatis mereka akan berkendara dengan kencang. Oleh karena itu ini dapat memicu terjadinya rantai motor kendor. Selain itu juga bisa membuat mesin mudah aus, kampas kopling habis, serta efek negatif lainnya. Untuk itu sebaiknya kendarai motor Anda sewajarnya saja tanpa perlu dilebih-lebihkan.

Jika memang Anda mempunyai hobi motor balap maka sebaiknya sesuaikan dengan motorĀ  yang digunakan. Karena spesifikasinya tentu sudah berbeda dan mempunyai efek tersendiri jika salah mengaplikasikannya.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *