Tuesday, 22/5/2018 | 4:02 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Mobil Mogok Saat Banjir? Lakukan 5 Hal Berikut

Mobil Mogok Saat Banjir Lakukan 5 Hal Berikut

 

Otolibs.com – Apakah Anda pernah berada di posisi ini? Sudah kebanjiran ternyata kendaraan Anda juga mogok? Tentu jika hal ini terjadi pada Anda sangat meresahkan bukan?. Bagi warga DKI terkena banjir mungkin sudah menjadi kebiasaan, namun bagaimana jika tiba-tiba mobil Anda mogok, otomatis mobil tidak bisa dipindahkan dan harus menunggu serta membuat pengendara lain susah untuk mengakses jalan karena mobil Anda yang mogok.

Untuk itu jika hal ini terjadi pada Anda tidak perlu panik dulu karena bisa melakukan cara berikut ini.

5 Hal yang Dapat Dilakukan Saat Mobil Mogok dalam Kondisi Banjir

Periksa Filter Udara Kendaraan

Filter udara mempunyai fungsi sebagai penyaring serta pembuang debu-debu yang masuk melalui udara mesin. Jika filter udara kering maka bisa mebuat fungsi dari kendaraan baik, dan jika mobil dalam genangan air maka diibaratkan seperti manusia yang bernafas namun hidungnya tertutup perban basah, otomatis akan menyulitkan. Begitu pula dengan mobil Anda, untuk itu sebaiknya dilakukan pengecekan terlebih dahulu.

Periksalah Kabel Busi Kendaraan

Saat ini kabel busi waterproof telah banyak digunakan pada kendaraan, namun tidak menutup kemungkinan tetap membuat air akan masuk kedalam sela-sela kabel. Apabila kabel busi basah maka langkah yang bisa dilakukan adalah dengan meniupnya sampai kering.

Umumnya saat kondisi telah kering serta dipasang lagi otomatis mobil akan menyala dengan sendirinya.

Cek Electronic Control Unit atau ECU

Jika banjir yang Anda tempuh cukup tinggi maka sebaiknya Anda cek ECU (Electronic Control Unit) yang terendam air. Jika telah mogok dan kondisinya banjir tinggi maka sebaiknya jangan mencoba untuk menyalakan kendaraan, hal ini dikarenakan bisa menyebabkan kosleting pada sistem kelistrikan.

Umumnya kendaraan saat ini telah terintegrated, jadi jika salah satu komponen mengalami kerusakan otomatis komponen yang lainnya juga akan rusak. Jika sudah seperti ini maka langkah amannya mobil Anda harus dibawa ke bengkel dengan mobil derek.

Namun, jika dalam situasi banjir tentu sangatlah meresahkan dan bingung.Untuk itu ada baiknya teliti beberapa hal diatas terlebih dahulu, jika tidak bisa maka langkah ini bisa untuk dilakukan.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *