Sunday, 23/9/2018 | 8:33 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

5 Cara Mengetahui Razia Mobil Resmi atau Tidak

5 Cara Mengetahui Razia Mobil Resmi atau Tidak

Otolibs.com – Bagi para pengendara motor maupun mobil saat mendengar kata razia pasti akan merasa ketakutan, hal ini dikarenakan mereka sering lalai atau mengabaikan rambu-rambu maupun surat-surat yang wajib mereka bawa saat berkendara.

Namun, saat ini tidak sedikit para oknum polisi yang sering melakukan kedok razia padahal belum diketahui resmi atau tidak, untuk itu  cara berikut dapat membantu Anda didalam mengetahui razia mobil tersebut bersifat resmi atau ingin menguntungkan diri sendiri.

Cara Mengetahui Razia Mobil Resmi atau Tidak

Terdapat Papan Pemberitahuan

Tidak sedikit orang yang kaget atau terkejut saat tiba-tiba polisi muncul dihadapan kita dan menyuruh kita berhenti, terlebih saat surat-surat kita tidak lengkap pasti kita sangat panik. Namun, sekarang Anda bisa bersikap tenang dengan cara memastikan bahwa razia tersebut resmi atau bodong.

Razia resmi pasti akan terdapat papan pemberitahuan, hal ini berdasarkan hukum yang ada yaitu Pasal 15 ayat 1 sampai 3, PP 42 Tahun 1993, yang berbunyi bahwa setiap dilakukannya razia maka harus dilengkapi dengan tanda yang menunjukkan adanya pemeriksaan kendaraan, jika tidak ada maka Anda bisa mempertimbangkannya dan jangan panik dulu.

Polisi Mempunyai Surat Tugas yang Sah

Dalam pasal 13 PP 42 Th 1993 dengan bunyi “setiap para petugas yang menjalankan pemeriksaan wajib untuk membawa surat tugas mereka. Jika tidak ada berarti razia tersebut tidak resmi.

Selain itu di pasal 14 juga menjelaskan bahwa pada surat tugas tersebut harus terdapat beberapa hal penting seperti alasan dilakukannya pemeriksaan, waktu pemeriksaan, jenis pemeriksan, penanggungjawab pemeriksaan, daftar petugas yang memeriksa, serta daftar pejabat penyidik yang memang ditugaskan saat razia.

Razia Malam Harus Disertai Papan Bercahaya Kuning

Razia malam biasanya sangatlah jarang dilakukan, namun tidak menutup kemungkinan jika ada beberapa tempat yang melakukan razia malam. Namun, tanda dari razia mobil tersebut resmi adalah denan adanya papan bercahaya kuning sebagai tanda adanya razia, jika tidak maka Anda harus mencurigainya.

Hanya Polisi Lalu Lintas yang Berhak Menilang

Untuk melakukan tilangan tidak sembarang plisi bisa melakukannya, namun sesuai dengan aturan bahwa yang berhak menilang adalah mereka para polisi lalu lintas. Jika ada polisi lain yang memang tidak berkewajiban untuk menilang maka abaikan saja.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *