Tuesday, 23/1/2018 | 1:57 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Langkah Jitu Pemerintah Konversi Premium ke BBM Non Subsidi

Langkah Jitu Pemerintah Konversi Premium ke BBM Non Subsidi

 

Otolibs.com – Pemerintah sedang gencar-gencarnya memberikan pendidikan bagi masyarakat yang sering mengaku miskin. Yang dimaksud di sini adalah mereka yang tergolong dari golongan mampu,tetapi kerap kali mengaku miskin untuk meraup segala keuntungan.

Pasalnya, saat ini masih banyak ditemukan pengendara mobil mahal yang masih mengantri di bagian bahan bakar bersubsidi. Padahal, untuk standar mesin sendiri,seharusnya sudah tidak menggunakan bahan bakar bersubsidi tersebut.

Pertamina Segera Ganti Premium

Antisipasi Pemerintah

Untuk mengantisipasihal ini, pemerintah akan segera mengganti RON88 sebagai bahan bakar termurah untuk kendaraan bermotor. Hal ini telah bisa dilihat secara berkala penggantian bahan bakar premium ke pertalite, yang telah dicanangkan dari Agustus tahun 2016 lalu, dan mulai terlihat November lalu.

Namun umumnya, pengendara yang beralih dari premium ke pertalite merupakan pengendara kendaraan roda dua. Pemilik kendaraan beroda empat yang dirasa lebih mampu dalam segi biaya, malah enggan melakukan hal tersebut.

Mendidik Konsumen

Cara yang dilakukan pemerintah untuk mendidik konsumen memakai bensin sesuai dengan kapasitas mesin adalah dengan melakukan penyuluhan berkala. Beberapa cara yang diambil adalah dengan menghabiskan stok penetrasi premium yang ada di pasar, kemudian baru mengganti perlahan-lahan menggunakan pertalite, kemudian baru pertamax.

Menurut Afandi selaku VP Retail Marketing Pertamina, dua tahun ini presentasi premium tinggal 40 persen. Pada beberapa tempat telah ada SPBU yang sudah 25 persen atau sudah tidak menjual premium lagi.

Pada bulan November 2016, beberapa SPBU telah mengurangi penjualan premium. Bahkan, pada bulan Mei ini, Beberapa SPBU telah mengganti keseluruhan premium dengan pertalite yaitu RON 90. Jadi, di beberapa SPBU sekarang hanya ada dua pilihan, pertalite dengan RON 90 atau pertamax dengan RON 92.

Konsumen pemilik kendaraan beroda dua mengaku awalnya berat karena peralihan yang cenderung serentak ini. Namun, melihat keadaan mesin yang lebih halus, mereka menjadi lebih terbuka dan mau mencoba menggunakan pertalite atau malah pertamax untuk merawat keadaan mesin mereka. Menurutnya, selisih harga yang tidak jauh menjadi alasan yang dipilih ketika beralih ke pertalite daripada kerusakan pada mesin.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *