Friday, 21/9/2018 | 3:55 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Perhatikan 5 Hal Berikut Saat Menggunakan Sabuk Pengaman

11303777 - pretty young woman driving her new car

Otolibs.com – Para pengendara mobil memang diwajibkan untuk menggunakan sabuk pengaman, hal ini jelas terlihat melalui peraturan pemerintah yang ada yaitu dalam Keputusan Menteri Perhubungan No 85 Tahun 2002 yang berbunyibagi para pengguna kendaraan diwajibkan untuk menggunakan sabuk pengaman atau seat belt jika melanggar maka akan dikenakan hukuman maksimal satu bulan kurangan atau denda materi 1 juta rupiah.

Cara penggunaan sabuk pengaman sebenarnya sangatlah mudah, namun tidak sedikit orang yang mengetahui akan hal ini untuk itu ulasan berikut dapat membantu Anda.

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Menggunakan Sabuk Pengaman

Letak Sabuk Pengaman atau Seat Belt di Pundak

Sudah sangat jelas bahwa letak sabuk pengaman yang benar ada di pundak bukan dileher, namun sebagian orang justru menyentuh leher dengan tujuan saat terjadi kecelakaan atau tabrakan kuat dapat terlindungi, namun hal ini justru bisa menarik leher Anda.

Atur Ketinggian Melalui Adjuster

Di Mobil dudukan sabuk pengaman berada di pilar B yang bisa diatur hal ini tentu menjadi kelebihan bagi mereka yang berbadan pendek karena bisa memposisikan head adjuster hingga sejajar dengan telinga Anda, dengan begitu akan terasa nyaman.

Jangan Gunakan Aksesoris Sabuk Pengaman Apapun

Saat ini aksesoris untuk sabuk pengaman sangat marak di pasaran dengan tujuan biar tampilan pada seat beltnya lebih cantik, namun perlu diketahui bahwa hal ini bisa mengganggu kenyamanan Anda dan menurunkan konsentrasi saat dijalan.

Pastikan Sabuk Tidak Menggulung

Sebagian besar orang saat memasang sabuk pengaman hanya asal pasang karena takut polisi, namun kebiasaan buruk ini perlu dihilangkan. Karena kebiasaan tersebut bisa membuat posisi sabuk Anda menjadi tidak terpantau misalnya menggulung.

Tentu hal ini akan membuat tingkat keselamatan penumpang menjadi berkurang. Saat sabuk pengaman sudah terpasang dengan benar pastikan tidak ada bagian yang menggulung-gulung.

Jangan Atur Bangku Terlalu Maju

Bagi Anda yang berkendara dengan hobi mengatur bangku hingga dekat dengan dashbor sebaiknya perlu dihilangkan, hal ini selain bisa memperparah Anda jika sewaktu-waktu terjadinya kecelakaan ternyata juga akan berpengaruh terhadapseat belt tersebut yang akan mengikat tubuh sehingga terasa sesak dan tidak nyaman.

 

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *