Tuesday, 22/5/2018 | 4:21 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Tips Tekan Kecelakaan Saat Mudik Ala Menhub

Tips Tekan Kecelakaan Saat Mudik Ala Menhub

Otolibs.com – Menteri Perhubungan telah menyiapkan layanan transportasi untuk para pemudik tahun 2017. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan mensubsidi angkutan kapal roll on-roll off (ro-ro) sebanyak 50.000 orang.

Tujuan Jakarta ke Jawa Tengah

Cara ini dimaksudkan agar kapal dapat mengangkut sepeda motor beserta penumpang secara gratis dengan tujuan Jakarta menuju daerah di Jawa Tengah, pada masa libur lebaran tahun 2017 mendatang.

Dengan memperkirakan 32.000 penumpang dan 18.000 motor, Menhub sekarang sedang gencar melakukan sosialisasi program ini. Menurut Menhub, cara ini sangatlah tepat karena kapasitas kapal laut cenderung lebih besar dibanding mudik menggunakan jalan raya.

Apabila program ini berhasil, Menhub akan memperluas daerah jangkauan hingga Jawa Timur, dan Sumatera Selatan. Selain mengurangi macet dan muatan jalan, cara ini dirasa ampuh menekan kecelakaan di saat momen mudik libur lebaran.

Selain untuk penumpang dan sepeda motor, kapal ini juga difungsikan untuk mengangkut truk yang menuju arah Semarang, yang memiliki dua sumbu karena di beberapa tempat ada larangan untuk jenis truk tertentu. Menurut Menhub, cara ini sangat ampuh mengurai kemacetan karena mampu mengurangi kuantitas truk di jalan raya yang menuju Semarang dan Surabaya.

Menhub sangat berharap program ini dapat diketahui masyarakat luas sehingga dapat menekan angka kecelakaan khususnya bagi para pengemudi motor di jalur pantura dan menghemat pengeluaran masyarakat karena gratis.

Tips Umum HIndari Kecelakaan Saat Mudik

Periksa Kondisi Kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan jauh, sebaiknya pengemudi mengecek kondisi kendaraan yang akan dibawanya. Hal ini bertujuan agar meminimalisir bahaya dan kendala yang ada di jalan.

Waspada

Sebagai pengguna jalan, masyarakat harus menyadari akan bahaya yang mengintai karena ada berbagai macam kendaraan yang berjubel di luar sana. Untuk itu dibutuhkan kewaspadaan dan ketelitian yang tinggi. Contohnya waspada dengan jalanan berlubang yang rusak atau pengguna jalan lain yang mungkin teledor atau kurang fokus.

Beristirahat

Beristirahatlah ketika Anda merasa lelah di perjalanan. Cara ini sangatlah umum memang, namun sering diabaikan oleh pengendara karena terlalu mengejar waktu untuk sampai ke tujuan.

Tetap Fokus

Tetaplah fokus ke jalan raya. Hindari hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi Anda. Gadget ataumelamunmisalnya.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *