Friday, 21/9/2018 | 3:25 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

4 Cara Merawat dan Membersihkan Debu Residu di Rem Mobil

5 Cara Merawat dan Membersihkan Debu Residu di Rem Mobil

Otolibs.com – Tidak sedikit orang yang mengabaikan perawatan di beberapa komponen mobil meskipun mereka mengetahui jika kondisi mobil tidaklah baik dan memerlukan perawatan segera. Misalnya merawat serta membersihkan debu residu yang terdapat pada rem mobil. Padahal jika tidak dibersihkan secara rutin kotoran seperti debu, residu oli yang terdapat dalam cakram dan tromol bisa menumpak sehingga saat kita mengerem tanpa sadar terdengar bunyi decit mengganggu.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut sebenarnya bukan hal yang sulit, karena hanya diperlukan membersihkan cakram serta tromol menggunakan kunci yang digunakan untuk membuka velg serta lap bersih, kuas halus atau kompresor dan cairan pembersih rem atau brake cleaner. Simak ulasan lengkap berikut ini yang bisa menuntun Anda didalam membersihkan debu residu yang terdapat pada rem.

Langkah Praktis Membersihkan Debu Residu di Rem Mobil

Bersihkan Bagian Cakram Terlebih Dahulu

Langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan pada bagian cakram, dengan cara membuka velg atau roda menggunakan kunci velg mobil.

Semprotkan Cairan Pembersih Rem Mobil

Ketika velg terlepas, langkah selanjutnya adalah dengan menyemprotkan brake cleaner atau cairan pembersih rem mobil secara merata. Pastikan jarak menyemprotkannya kurang lebih 15 cm cakram dan brake cleaner. Lalu lap dengan kain bersih agar sisa kotoran yang menempel bisa terangkat dengan mudah.

Lakukan Penyemprotan Ulang

Jika sudah dalam keadaan bersih dan dilap maka lakukan penyemprotan ulang agar hasilnya benar-benar maksimal, sehingga hasilnya benar-benar bersih. Lalu lap hingga tidak ada lagi kotoran yang menempel.

Untuk membersihkan tromol langkahnya hampir sama namun yang membedakan hanya pada pelepasan tromol yang hanya memerlukan ketokan palu maka sudah bisa terlepas.

Gunakan Kompresor atau Kuas yang Halus

Saat tromol terlepas maka selanjutnya bersihkan debu atau sisa residu menggunakan kompresor atau kuas halus. Jika debu sudah bersih maka lakukan penyemprotan dan dilap menggunakan kain bersih, ulangi dua sampai tiga kali sehingga semua kotoran terangkat dan kondisi tromol akan bersih.

Cukup mudah bukan perawatannya? Jadi tidak perlu menunggu komponen mobil Anda rusak ya, selamat mencoba.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *