Friday, 21/9/2018 | 2:23 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

4 Cara Service Kompressor AC Mobil Pribadi

7 Cara Service Kompressor AC Mobil Pribadi

 

Otolibs.com – Ada saatnya AC mobil kadang terasa dingin atau bisa juga terasa panas. Jika Anda mengalami hal ini maka langkah pertama yang harus dicek adalah kompresor AC Mobil. Cara service kompresor AC mobil berbeda-beda karena ada yang ringan namun ada pula yang berat, jika ringan otomatis kita bisa mengerjakan sendiri.

Namun saat berat otomatis kita membutuhkan tenaga mekanik yang berpengalaman dalam kompresor AC Mobil. Berikut ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk melakukan service kompresor AC mobil sendiri.

Cara Service Kompressor AC Mobil Pribadi

Cek Keadaan Fisik Kompressor

Langkah pertama yang dapat Anda coba adalah dengan mengecek pada kondisi fisik AC Kompresor apakah terdapat kotoran atau tetesan oli di kompresor?. Jika memang ada oli yang mengotori dan berasal dari kompressor tersebut berarti terjadi kebocoran pada AC mobil. Untuk itu segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut agar kerusakan tidak menyebar dan menjadi kerusakan untuk komponen lainnya.

Pastikan Tidak Terdapat Sil yang Rusak

Kebocoran oli pada kompressor umumnya terjadi karena sil pada sambungan selang atau jalan sirkulasi freon sudah rapuh. Untuk itu cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah ada kebocoran pada sambungan atau tidak adalah dengan cara meneteskan air sabun pada bagian yang terdapat kerusakan. Ketika terdapat gelembung udara muncul otomatis dibagian kerusakan tersebut memang mengalami kebocoran freon.

Cek Putaran Center Piece

Magnetic clutch merupakan bagian terpenting yang terdapat pada kompresor. Meskipun keberadaannya di luar kompresor namun komponen spare part ini mempengaruhi kinerja kompressor. Ketika AC Mobil dalam kondisi nyala cek apakah center piece-nya langsung berputar atau selip. Ketika selip artinya center piece telah terjadi kerusakan dan harus diganti.

Ukur Jarak Center Piece dengan Puli

Selain center piece, magnetic clutch juga terdapat bagian yang lainnya yaitu Puli. Pastikan jarak antara center piece dengan puli berada disekitar 0,2 mm sampai 0,5 mm. Saat dilakukan pengukuran antara jarak puli dengan center piece tidak berada di kisaran standard tersebut maka harus di set ulang agar posisinya sesuai dengan standard jarak yang ditentukan, atau bisa juga dilakukan penggantian.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *