Tuesday, 22/5/2018 | 4:11 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

7 Jenis Box Suhwoofer untuk Diaplikasikan dalam Car Audio

7 Jenis Box Suhwoofer untuk Diaplikasikan dalam Car Audio

Otolibs.com – Performa subwoofer untuk menghasilkan suara bass yang rendah namun tetap solid tentunya memerlukan dukungan dari enclosure atau box subwoofer. Box subwoofer yang terdapat dalam mobil mempunyai ukuran yang berbeda karena disesuaikan dengan rekomendasi data teknis dari subwoofer. Box subwofer mempunyai berbagai jenis, model, desain dan ukuran. Model box subwoofer umumnya diperhitungkan saat pembuatan, rancangan secara detail yang dilakukan oleh installer audio. Berikut jenis-jenis box subwoofer yang kerap diaplikasikan pada Car Audio .

7 Jenis Boxsuhwoofer untuk Diaplikasikan dalam Car Audio

Sealed Box

Sealed box menggunakan kalkulasi volume yang berfungsi membantu mengurangi serta mengontrol perubahan. Model ruang box umumnya memiliki ciri yang tidak berlubang sehingga dipercaya bisa menghasilkan kualitas bass yang halus dan tanggapannya yang tepat.

Vented (ported)

Vented memiliki lubang atau port yang berfungsi untuk menambah output pada frequency yang rendah, lalu udara yang terdapat dalam box dikeluarkan layaknya piston atau motor, tahap perpindahan udara tersebut bisa memperbesar frequency subwoofer. Umumnya model box ini digunakan pada sistem SQ atau SPL.

Infinite Baffle (free air)

Subwoofer Infinite melekat pada alasyangmerenggangkan gelombang depan dengan gelombang belakang yang tidak membutuhkan ukuran yang besar. Sehingga bisa diterapkan pada mobil sedan Anda.

Isobaric

Isobaric terdapat dua subwoofer yang melekat face to face, dengan satu sistem kabel yang berlainan arah. Secara umum, isobaric terdiri dari 2 subwoofer dan 2 amplifier yang berukuran setengah dari ukuran box.

Acoustic Couple

Dengan adanya dua subwoofer yang terpasang rapat maka akan menambah volume menjadi lebih indah dan menarik. Serta dentuman bassnya yang enak didengar dan tidak terasa bergetar karena halus.

Aperiodic

Jenis box suhwoofer menggunakan selaput luar yang berfungsi untuk memperkecil subwoofer serta meratakan impedansi yang keluar.

Reflex bandpass

Reflex bandpass berfungsi untuk menyaring lowpass sehingga akan menambah efiseiensi hingga bandpass atau frequency yang terdapat dari sananya. Kedua box tersebut memerlukan tuning yang berbeda. Selain itu juga dapat dibuat untuk menambahkan frequenci serta tenaga yang dihasilkan.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *