Monday, 24/9/2018 | 5:13 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Benarkah Ducati Akan Diakusisi Royal Enfield?

aaa

 

Otolibs.com – Isu yang menerpa merek motor terkenal asal Italia, Ducati, sepertinya tidak ada habisnya. Setelah isu krisis yang kencang berhembus selama beberapa tahun belakangan, muncul lagi rumor tidak sedap yang cukup mengejutkan. Disebutkan bahwa Royal Enfield, sebuah pabrikan asal negeri Bollywood, India, berencana untuk mengakusisi Ducati.

Nasib Ducati di Pasar Modal

Perkembangan Ducati

Walaupun Ducati adalah merek dagang yang terkenal, namun tampaknya hal tersebut tidak cukup mampu untuk mendongkrak penjualan motor-motor milik perusahaan tersebut. Hasil pabrikan Ducati masih kalah bersaing dengan motor-motor yang lebih populer seperti Honda dan Yamaha.

Sementara itu Royal Enfield, yang lebih dulu mengakusisi Hero Motocorp, lebih beruntung dalam hal marketplace. Bagian dari Eicher Motors ini  merupakan salah satu merek yang memiliki keuntungan terbesar di dunia. Keunikan Royal Einfield sehingga bisa menguasai pasar Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa dan Australia adalah sistem marketing dan distribusi yang mumpuni.

Kabarnya Royal Enfield mulai menego Volkswagen sebagai pemegang saham terbesar Ducati dan menanyakan berapa besar mahar yang harus dibayar untuk bisa mengakusisi Ducati.

Volkswagen dan Ducati

Ducati bukan pertama kalinya mengalami akusisi. Pada tahun 2012 lalu, Volkswagen melalui Audi telah membayar mahar sebesar 860 juta euro atau sebanyak Rp. 12,5 triliun untuk meloloskan akusisinya atas saham merek motor yang mengusung Valentino Rossi tersebut.

Namun nampaknya Volkswagen berencana melepas Ducati. Pabrik motor bergengsi asal Jerman tersebut membutuhkan modal yang sangat besar untuk mengembalikan stabilitas perusahaan setelah masalah yang dialaminya. Skandal Dieselgate yang membawa nama Volkswagen telah membuat perusahaan tersebut merugi sebanyak Rp. 33 triliun.

Berita ini diperkuat dengan digandengnya pakar investasi Evercore untuk mengevaluasi kemungkinan perkembangan yang bisa didapatkan dengan tetap memegang atau melepas Ducati.

Walaupun belum ada pernyataan resmi dari kedua belah pihak namun banyak pihak pecaya cepat atau lambat kemungkinan tersebut bisa menjadi kenyataan. Apalagi pihak Royal Enfield sendiri tidak pernah secara terang-terangan menolak ide tersebut. Mereka bahkan mengindikasikan setuju dengan kemungkinan yang bisa saja terjadi itu.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *