Friday, 21/9/2018 | 1:57 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Fakta Menarik MotoGP Perancis

dua

Otolibs.com – Balapan motor sport tercepat Moto GP sekiranya akan digelar pada 19-21 Mei mendatang di sirkuit Le Mans, Perancis. Setelah sebelumnya para pembalap kenamaan ini sudah menggeber motornya menjelajahi sirkuit Jerez, Spanyol, dua pekan lalu, mereka harus kembali beradu kecepatan pada seri kelima ini

Fakta Unik Jelang Moto GP Perancis 2017

Jorge Lorenzo dan Sirkuit Le Mans

Sejarah mencatat sudah enam kali Jorge Lorenzo menapaki podium kemenangan di sirkuit ini, yaitu sebanyak satu kemenangan saat GP250, dan lima lainnya pada saat gelaran Moto GP. Dengan rekor kemenangan sebanyak itu, maka tak heran banyak orang menjagokan pria berkebangsaan itu untuk bisa kembali membawa pulang tropi kemenangan.

Jorge Lorenzo juga pernah meraih lap tercepat di tahun 2016 lalu dengan kecepatan 163,8 km.Jam dengan catatan waktu 1’31,975 sehingga menobatkannya pole potition terbaik. Pada tahun yang sama, Jorge Lorenzo juga meraih kemenangannya dan mengalahkan Valentino Rossi yang harus rela menduduki podium kedua.

Sirkuit Terpanjang

Nama sirkuit ini sebenarnya Circuit de la Sarthe, tetapi orang-orang lebih sering memanggilnya dengan nama Sirkuit Le Mans. Sirkuit yang mulai dibangun pada tahun 1965 ini merupakan sirkuit paling panas di dunia. Total panjang yang dimiliki sirkuit ini adalah 13.629 km. Sirkuit ini berkapasitas seratus ribu penonton.

Sirkuit ini menyediakan sebanyak dua puluh delapan lap yang akan menguji ketangguhan para pebalap tersohor di Moto GP. Jarak total tiap lap-nya adalah sekitar 117,2 km – 72,8 km.

Sirkuit ini pernah berhenti menggelar pesta akbar Grand Prix selama lima tahun, terhitung sejak tahun 1995 sampai tahun 2000. Hal ini dikarenakan adanya perbaikan keamanan yang ditingkatkan terkait dengan kecelakaan yang menimpa pembalap Alberto Puig yang menyebabkan kematiannya.

Tidak hanya Grand Prix, Sirkuit ini juga terkenal karena menggelar sebuah balap tahunan bergelar 24 Hours of Le Mans atau balap ketahanan selama 24 jam. Selain itu sirkuit legendaris ini juga sering menjadi tuan rumah bagi Perancis Touring Car, FIA GP2 Championship dan Race GT.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *