Friday, 21/9/2018 | 4:15 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Menilik Mobil Terbang Besutan Toyota

Skydrive Toyota

Otolibs.com – Nampaknya mobil terbang bukan lagi hanya akan jadi angan-angan saja dalam waktu dekat. Pasalnya, pabrikan mobil berkelas asal Jepang, Toyota, sudah membentuk sebuah tim yang dikhususkan untuk menggarap ide mobil terbang. Proyek ini akan dikepalai oleh sebuah grup besar yang disebut Cartivator.

Dibawah asuhan ahli drone terkemuka, Masafumi Miwa, Cartivator menyatakan siap untuk mengembangkan lebih lanjut mobil masa depan tersebut. Senada dengan Cartivator, nampaknya Toyota juga tak main-main, buktinya mereka sudah menggelontorkan dana sekitar 4,6 miliar guna kelangsungan penelitian dan penembangan mobil ini.

Toyota juga dikabarkan telah mematenkan beberapa fitur dari mobil masa depan ini. Salah satu yang sudah dipastikan masuk hak paten adalah mengenai sayap mobil. Sayap mobil tersebut telah dirancang khusus sehingga bisa berubah bentuk dan lebih aerodinamis.

Skydrive, Prototipe Mobil Terbang Masa Depan

Drone

Sama dengan beberapa mobil terbang yang sudah lebih dulu diciptakan, mobil ini juga rencananya akan mengaplikasikan penggunaan teknologi drone dalam mesinnya. Skydrive akan dipasangkan tiga roda dan empat rotor. Mobil ini merupakan perpaduan mobil dengan pesawat ringan. Sehingga memungkinkannya untuk bisa melaju baik di darat maupun di udara.

Untuk urusan desain dan lain sebagainya, Toyota belum bersedia menjelaskan secara detail. Hal ini dikarenakan mobil Skydrive masih harus melalui serangkaian tes sehingga layak untuk diperkenalkan ke publik dan dikomersilkan.

Mobil Terkecil

Diperkirakan hanya memiliki ukuran 2.9 m x 1.3 m, Skydrive akan menjadi mobil terbang paling kecil. Mobil ini sekiranya dapat terbang sampai mencapai ketinggian di atas 10 meter. Sedangkan kecepatan mobil ini bisa sampai 100 km.jam.

Toyota berharap prototipe mobil ini dapat rampung pada tahun 2018 nanti dan rencananya akan diperjualbelikan ketika Tokyo menghelat acara olahraga akbar, Olimpiade, pada tahun 2020 mendatang.

Pengemudi

Belum dipastikan oleh pihak Toyota maupun Cartivator sebagai pengembang, apakah Skydrive mengharuskan pengemudinya memiliki syarat khusus. Seperti yang diberlakukan oleh Terrafugia Transition, mobil keluaran sebuah perusahaan asal Amerika Serikat, yang mengharuskan pengemudi mobil terbangnya adalah pilot yang mempunyai pengalaman terbang minimum 20 jam.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *