Monday, 21/5/2018 | 9:11 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Penyebab AC Mobil Bau dan Cara Mengatasinya

AC Mobil

Otolibs.com – AC mobil merupakan perangkat penting yang ada di mobil, selain mengurangi rasa panas, pengap dan membantu membersihkan kaca saat kondisi hujan oleh karenanya keberadaan AC sangatlah dibutuhkan dan terasa penting. Akan tetapi banyak sekali permasalahan yang sering terjadi pada kaca mobil seperti AC Bau, menjadi demam (kadang panas kadang dingin) dan seringnya mengeluarkan semburan bau tak sedap. Lantas? Sebenarnya faktor apa yang menyebabkan AC mobil mengalami permasalahan tersebut, dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasan lengkap untuk dijadikan referensi Anda.

Penyebab AC Mobil Bau dan Cara Mengatasinya

Salah Memilih Pengharum Ruangan Mobil

Penyebab timbulnya bau pada AC Mobil adalah salahnya pemilihan pengharum ruangan mobil hal ini dikarenakan debu dari luar ruangan akan mengendap bersama dengan evapator yang bisa mengganggu AC, dengan begitu jika salah milih parfum otomatis baunya akan tercampur dan timbul bau menyengat yang tidak enak. Hal ini karena debu telah tercampur air dari saluran AC yang menyebabkan tumbuhnya jamur.

Interior Tidak Rutin Dibesihkan

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa debu dan kotoran lain kerap masuk dalam mobil, jadi saat interior mobil jarang dibersihkan otomatis akan tumbuh jamur. Selain timbulnya jamur juga menjadikan interior mobil pengap dan lembab sehingga kualitas dan sirkulasi AC menjadi terganggu.

Cara Mengatasi AC Mobil Bau

Bersihkan Bagian Interior Mobil

Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan membersihkan interior mobil menggunakan vacum cleaner.  Vacum cleaner berfungsi untuk membersihkan mobil dari kotoran yang menempel, sementara untuk membersihkan AC cukup semprotkan udara bersih bertekanan dalam AC agar kotoran yang menempel didalamnya hilang seketika, pastikan hindari menggunakan air karena bisa memicu terjadinya kerusakan AC.

Menghilangkan Bau Apek pada AC Mobil

Dalam menghilangkan bau apek cukuplah mudah karena anda hanya perlu mengganti udara kotor yang menyebabkan bau tersebut dengan cara menempatkan mobil pada tempat yang terbuka lalu pintu serta kaca mobil sedikit terbuka dan nyalakan AC hingga maksimal dan biarkan selama 10 menit.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *