Sunday, 21/1/2018 | 12:38 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Persaingan Pabrikan Ternama Luncurkan Motor Hybrid

Furion Motorcycles

 

Otolibs.com – Siapa bilang sepeda motor tidak bisa mengusung mesin hybrid layaknya mobil?. Kendaraan roda dua ini pun dapat menggunakan mesin yang merupakan perpaduan motor listrik dan mesin bakar. Sejak dikenalkan pada tahun 2002 lalu, jenis motor ini semakin banyak diminati dan dikembangkan lebih baik lagi.

Menyusul keberhasilan SilentHawk dari Alta Motors California dan juga BMW R1200GS LC keluaran Wunderlich yang sudah lebih dulu menarik perhatian dunia dengan motor hybrid-nya, pabrikan besar lain juga bersiap memberikan alternatif kendaraan yang nyaman dipakai selain sepeda motor konvensional yang dikenal selama ini.

Motor Hybrid Keluaran Pabrikan Ternama

Furion Motorcycles

Pabrikan motor asal Napoleon Bonaparte ini mengklaim motor buatannya lebih hemat bahan bakar daripada motor hybrid sejenis. Untuk mencapai jarak 400 km, motor ini hanya membutuhkan kurang lebih 16 liter bahan bakar, sehingga juga lebih ramah lingkungan.

Sepeda motor ini merupakan gabungan dari motor listrik dengan mesin rotary Wankel sehingga menciptakan suara perpaduan dua rotor mesin yang tidak biasa. Menurut perancang motor hybrid ini, Marc Evenisse, ada dua mode yang akan diluncurkan oleh pabrikan ini yaitu Long Range dan Sport Mode.

Long Range mengedepankan solusi pada pengiritan bahan bakar. Sehingga bahan bakar yang diperlukan dapat lebih dimaksimalkan penggunaannya. Sedangkan Sport Mode adalah mode motor yang lebih mengandalkan kekuatan penuh dari perpaduan motor listrik dan mesin sehingga menghasilkan performa yang lebih mumpuni.

Motor Hybrid Keluaran Yamaha

Yamaha sudah tidak asing lagi di kalangan para pecinta motor konvensional. Pabrikan motor asal Jepang ini memang sudah lama merajai pasar kendaraan roda dua. Tetapi melihat perkembangan motor hybrid yang juga menjanjikan nampaknya menarik minat Yamaha untuk ikut mengambil peran.

Belum dipastikan apa nama dan juga spesifikasi motor terbaru dari Yamaha. Tetapi seperti telah diberitakan di berbagai media, Yamaha sudah mengajukan desain paten untuk motor yang diharapkan juga bisa menjadi andalan menyusul pendahulu-pendahulunya.

Motor ini terlihat seakan hanya didukung tenaga baterai saja karena adanya kabel listrik di roda depan, padahal roda belakangnya masih digerakkan dengan mesin konvensional. Jadi motor ini masih mengusung penggerak dua roda.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *