Tuesday, 22/5/2018 | 4:19 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Persiapan Sejumlah Pabrikan Menjelang Euro 4

evro4

 

Otolibs.com – European Emision Standart atau yang lebih dikenal dengan EURO adalah standar emisi kendaraan bermotor yang bermula di Eropa dan kemudian mulai diikuti oleh negara-negara lain dan dijadikan acuan untuk memproduksi kendaraan dengan pengolahan gas buang yang ramah lingkungan.

Upaya Ramah Lingkungan yang Diusung Lewat Euro

Apa itu Euro?

Standar Euro selalu mengalami evaluasi setiap 5 tahun sekali. Dihitung sejak disepakatinya Euro sebagai standar internasional pada tahun 1992, sampai sekarang, maka standar ini telah mengalami evaluasi sebanyak enam kali.

Pada negara-negara maju, setiap kendaraan yang melaju di sana harus memiliki lolos uji emisi minimal Euro 5, karena secara umum sudah masuk ke dalam Euro 6 Hal ini berbeda dengan yang ada di Indonesia. Kebanyakan kendaraan yang ada di sini masih menggunakan standar Euro 2.

Beberapa kendaraan sudah ada yang menaikkan mutu pengolahan gas buangnya menjadi standar Euro 3 sejak awal tahun 2013 lalu. Ini sudah merupakan sebuah pencapaian, tetapi nampaknya pasar kendaraan di Indonesia harus bersiap dengan wacana untuk menaikkan standar menjadi Euro 4.

Hal ini juga menjadi masalah, apalagi mengingat bahan bakar yang tersedia di berbagai SPBU belumlah cocok untuk diaplikasikan ke dalam kendaraan berlabel Euro 4. Pasalnya, bahan bakar yang ada di Indonesia kebanyakan masih mengikuti standar Euro 2.

Kesiapan Pabrikan Ternama

Perubahan standar Euro dan dampaknya dalam penjualan produk otomotif dari Eropa, terlebih yang didatangkan secara komplit utuh dari sana, memang tidak bisa dipungkiri. Hal ini dipicu dengan ketimpangan standar Euro yang terlampau jauh.

Standar Euro 6 yang sudah diterapkan di Eropa tentunya membuat pabrikan di sana harus berpikir ulang sebelum memasukkan barang produksi mereka ke tanah air. Jalan satu-satunya agar produk otomotif mereka dapat bersaing dan bertahan di pasar Indonesia adalah dengan menurunkan standar emisi mereka.

Pabrikan seperti Nissan, Honda dan Mitsubishi menyatakan bahwa produk otomotif mereka sudah siap untuk masuk ke dalam pasar Euro 4 di Indonesia. Apalagi mereka memang lebih dulu mencapai standar Euro yang lebih tinggi dengan pasar luar Indonesia yang mereka jajaki.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *