Friday, 21/9/2018 | 2:18 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

UGM dan Skutik Listrik Viar Q1

Skutik Listrik Viar Q1

 

Otolibs.com – Viar, bekerja sama dengan perusahaan Jerman penyedia layanan dan teknologi, Bosch, mengenalkan sebuah gebrakan di dunia motor roda dua dengan mengusung sepeda motor listrik berdaya 800 watt. Motor ini diberi nama Viar Q1.

Motor ini sekilas hampir mirip dengan skuter pada umumnya  jika dilihat dari bodinya yang gendut. Ban gambot yang membalut velg 10 inchi pada motor ini membuat kesan bulat menjadi semakin menonjol. Skutik yang ramah lingkungan ini juga diklaim lebih murah dalam perawatan karena tidak memerlukan penggantian busi, rantai atau oli.

Kerja Sama Viar dan UGM

Memperkuat Kandungan Lokal

Sebagai perusahaan yang besar di Indonesia, Viar tentunya tidak melupakan potensi yang dimiliki oleh anak negeri. Untuk itulah sejak tahun 2016 lalu, produsen motor listrik ini menggandeng Universitas Gajah Mada sebagai salah satu partnernya.

Selama dua tahun pengembangannya, pihak Viar dan Bosch banyak menerima masukan dari pihak UGM yang lebih mengerti apa yang sedang berkembang di dalam negeri. Hal ini tentunya membantu agar skutik ini dapat diterima oleh masyarakat Indonesia secara menyeluruh.

Pembuatan stiker pada bodi skutik yang mampu melaju hingga jarak 90 km ini juga merupakan kerja sama yang dihasilkan antara UGM dengan Viar. Pihak Viar menambahkan bahwa skutik ini memang dekat sekali dengan muatan lokal.

Keunggulan Q1

Lampu yang ditanamkan pada skutik ini sudah berupa LED yang memaksimalkan pandangan pengendara terutama ketika malam. Panel yang dibenamkan pada skutik ini semuanya sudah digital, membuat motor ini terlihat sangat futuristik dan stylish.

Satu hal yang disayangkan pada motor yang diklaim tidak menimbulkan polusi ini adalah tentang kecilnya ruang pada jok motor. Apalagi jika Anda memasukkan alat untuk pengisian ulang baterai di sini maka akan memakan ruang dalam bagasi.

Daya 800 watt dari skutik ini dihasilkan dari baterai tipe Lithium-ion dengan kapasitas 60V 20 Ah. Hanya diperlukan waktu selama lima jam untuk mengisi penuh daya skutik ini. Motor ini dibanderol dengan harga on the road 16,2 juta dan sudah diperlengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan, sehingga para penggunanya dapat melaju di jalanan dengan aman.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *