Monday, 21/5/2018 | 9:15 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Sudah Siapkah Mobil Autopilot Diluncurkan?

Mobil Autopilot Google

Otolibs.com – Mobil Autopilot atau mobil otonom adalah mobil yang bisa berjalan tanpa harus ada seseorang di belakang kemudi. Mobil ini merupakan terobosan revolusioner abad ini selain mobil terbang. Jika mobil-mobil ini berhasil diciptakan dan berjalan baik di pasaran, maka kemudahan dalam berkendara bukan hal yang susah untuk digapai.

Mobil-mobil Autopilot dan Perkembangannya

Mobil Google

Menjadi yang pertama dalam pengembangan mobil tanpa sopir membuat Google terus membuat perbaikan-perbaikan pada mobil autopilotnya guna menghadapi para pesaingnya. Salah satu pencapaian yang dinilai sebagai keunggulan mobil Google dibanding mobil setara adalah keberhasilannya melaju sejauh satu kilometer di jalanan di Amerika Serikat.

Keseriusan Google dalam memperbaiki mobil otonom pertamanya ini juga dapat dilihat dari kerjasama yang dilakukan mereka dengan John Krafcik, mantan CEO Hyundai, seorang yang sangat berperan dalam dunia otomotif.

Mobil Autopilot Volvo

Mobil yang sudah direncanakan untuk masuk ke dalam rangkaian uji coba pada tahun 2017 tersebut merupakan besutan dari Volvo, pabrikan mobil asal Swedia. Volvo disebut menggandeng Nissan Motor Company dalam pengembangan motor tanpa pengemudi tersebut.

Volvo sangat terbuka dalam pengembangan mobil otonomnya. Selain melibatkan masyarakat umum dalam uji coba berkendaranya, Volvo juga menghargai peran penting pemerintah dalam perancangan dan perencanaan mobil masa depan tersebut. Bahkan teknologi dan juga desain yang sangat matang akan dibenamkan pada mobil yang lokasi pengujiannya dilakukan di Gothenburg, Swedia, ini.

Tak hanya cukup pada segmentasi citycar, tetapi Volvo, lewat Volvo XC90-nya akan menembus pasar SUV. Tak main-main, mobil ini juga dilengkapi dengan teknologi canggih. Termasuk sensor radar dan kamera.

Cadilac CTS

Berbeda dengan kedua mobil otonom yang disebutkan sebelumnya, mobil autopilot debut dari sebuah perusahaan mobil ternama Amerika Serikat ini mengharuskan pengemudi tetap berada di balik kemudi untuk mengontrol teknologi Super Cruise, yang dibenamkan di dalamnya, dapat berjalan dengan baik.

Walaupun begitu, satu hal yang menarik dari mobil ini adalah kemampuan teknologi vehicle-to-vehicle. Yaitu sebuah kemampuan berkomunikasi yang membuat mobil-mobil sejenis ini dapat saling berkomunikasi dengan saling bertukar informasi sehingga diharapkan dapat mengurangi tingkat kecelakaan.

Semoga saja mobil-mobil ini dapat segera layak uji dan dapat dipasarkan secara luas sehingga kemudahan serta keuntungan yang ditawarkannya dapat dirasakan banyak pihak.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *