Friday, 21/9/2018 | 4:32 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Ternyata Mengisi Cairan Radiator Berlebihan Tidak Ada Gunanya

4. Ternyata Mengisi Cairan Radiator Berlebihan Tidak Ada Gunanya

 

Otolibs.com – Salah satu komponen terpenting dalam sebuah kendaraan adalah radiator. Fungsi pokok dari radiator adalah memindahkan panas dari satu medium ke medium lainnya. Adapun yang bertugas memindahkan panas mesin ke udara di sekitar adalah cairan pendingin mesin.

Dikarenakan pentingnya cairan pendingin tersebut membuat orang menambahkan takaran melebihi takaran yang dianjurkan oleh pabrik. Penambahan cairan pendingin ini dilakukan agar proses pendinginan dapat lebih maksimal, namun kenyataannya justru efek buruk lah yang didapatkan.

Mengisi Cairan Radiator Berlebihan Tidak Ada Gunanya

Fungsi Radiator

Radiator ini merupakan komponen yang sangat penting dalam mendukung kinerja mesin sebuah kendaraan. Ketika sebuah mesin kendaraan tidak dilengkapi dengan radiator, maka mesin akan mengalami panas yang berlebihan hingga mesin tidak bisa bekerja lagi dan akhirnya menjadi rusak. Perawatan yang dapat dilakukan untuk menjaga radiator agar tetap bekerja adalah dengan memeriksa cairan pendingin yang dapat dilihat melalui tabung reservoir.

Letak dari tabung reservoir ini adalah di bagian pojok atas pada ruang mesin kendaraan. Adapun bahan yang digunakan biasanya adalah bahan yang tembus pandang untuk mempermudah pengguna dalam mengecek ketersediaan cairan pendingin tersebut. Pemilik kendaraan dapat mengecek sendiri keadaan tabung reservoir ini setiap hari untuk memastikan cairan pendingin masih ada.

Efek Buruk Takaran Cairan Radiator yang Melampaui Batas

Ketika Anda mengecek bagian tabung reservoir pastikan bahwa cairan radiator yang ada tidak berada di bawah batas minimum yang dianjurkan. Anda harus segera mengisinya agar cairan radiator berada di batas ukuran yang diberikan oleh pabrik. Biasanya untuk berjaga-jaga orang cenderung menambahkan cairan radiator dalam jumlah banyak, namun sebenarnya hal ini sangat tidak dianjurkan.

Sebaiknya beri ruang kosong pada tabung reservoir agar bila suhu mesin naik dan terjadi luapan cairan pendingin, tabung reservoir bisa menampung cairan pendingin tadi. Ketika mesin telah dingin cairan pendingin akan ditarik kembali ke radiator sehingga dapat bersirkulasi dengan baik.

Efek buruk yang dapat ditimbulkan jika mengisi air radiator melebihi batas yang dianjurkan adalah bisa membuat selang radiator pecah. Selain itu, karena adanya tekanan yang terlalu tinggi mengakibatkan radiator menjadi rusak.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *