Monday, 21/5/2018 | 9:17 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Berikut Tentang Eco Tyre, Ban yang Ramah Lingkungan

5. Berikut Tentang Eco Tyre, Ban yang Ramah Lingkungan

 

Otolibs.com – Di jaman yang penuh dengan teknologi yang dapat mencemari lingkungan dibutuhkan teknologi baru yang ramah lingkungan atau go green. Kabar baiknya saat ini sudah banyak industri yang menerapkan teknologi yang ramah lingkungan atau go green tadi.

Kesadaran akan keseimbangan alam ini sangat perlu dilakukan guna terciptanya kehidupan yang lebih baik dan berkelanjutan untuk anak cucu di masa yang akan datang. Salah satu industri yang sudah menerapkan teknologi ramah lingkungan adalah industri ban dengan eco tyre atau ban ramah lingkungan.

Tujuan dan Manfaat dari Eco Tyre Sebagai Ban Ramah Lingkungan

Tujuan dari Eco Tyre

Tujuan utama yang dimiliki oleh eco tyre adalah untuk menciptakan ban ramah lingkungan yang tidak merusak akan kelestarian alam ini. Adapun prinsip yang dipakai oleh eco tyre ini adalah untuk menjaga kesinambungan alam, salah satu caranya adalah dengan menggunakan bahan baku yang berbeda dari ban yang biasanya.

Konsep berkesinambungan dengan alam ini dilakukan dengan cara memakai minyak jagung dalam proses produksi ban. Selain itu, bahan baku yang digunakan juga lebih banyak. Misal untuk membuat satu buah ban eco tyre membutuhkan bahan baku yang sama untuk membuat satu setengah ban merek lainnya. Namun, diharapkan dengan bahan baku yang lebih ramah lingkungan ini akan berdampak yang positif bagi keberlangsungannya alam.

Manfaat EcoTyre Sebagai Ban Ramah Lingkungan

Sebagai ban yang ramah lingkungan eco tyre menawarkan konsep rolling resistance atau memiliki hambatan gulir rendah. Hambatan gulir yang dimiliki oleh eco tyre ini lebih rendah jika dibandingkan dengan ban merek lainnya.

Ini merupakan kelebihan yang dimiliki oleh eco tyre. Jika sebuah ban eco tyre digelindingkan dengan ban biasa dalam waktu yang bersamaan maka ban eco tyre akan berhenti di titik yang lebih jauh.

Adanya rolling resistance yang rendah ini juga memberi efek yang positif bagi kinerja mesin, karena kinerja mesin jauh lebih mudah. Jika kinerja mesin lebih rendah otomatis bahan bakar yang digunakan juga lebih efisien. Sehingga emisi yang keluar dari kendaraan juga berkurang, sehingga turut berkontribusi dalam menjaga agar lingkungan tetap sehat.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *