Sunday, 21/1/2018 | 12:32 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Daftar Sepeda Motor Yang Cocok Menggunakan Pertalite

6. Sepeda Motor Yang Cocok Menggunakan Pertalite

 

Otolibs.com – Pemerintah dan PT Pertamina akan segera mengkonversi bahan bakar minyak jenis premium menjadi pertalie.

Bahan bakar minyak ini juga sempat kontraversi karena kualitasnya diklaim tidak begitu istimewa dan belum diuji secara komprehensif.

Bahan Bakar Pertalite

Konversi premium menjadi pertalite ini tinggal menunggu waktu saja, karena bahan bakar pertalit ini memiliki kandungan oktan lebih tinggi dari bahan bakar premium. Pertalite mempunyai kandungan R0N 90 lebih tinggi dari premium yang memiliki R0N 88 dan pertalite berada dibawah Pertamax yang memiliki R0N 92.

BBM Pertalite ini dikeluarkan untuk para pengguna sepeda motor yang memiliki dana operasional terbatas untuk kendaraanya. Harga dari bahan bakar premium dengan pertamax saja sudah sangat jauh, sekarang juga hadir pertalite yang dapat menjebatani diantara kedua bahan bakar tersebut.

Sepeda Motor Yang Cocok Menggunakan Pertalite

Karakter dari bahan bakar pertalite sudah disesuaikan dengan populasi kendaraan bermotor yang ada di Indonesia. dengan kompresi mesin 9 banding 1 sampai 10 bandung 1.

Kecocokan bahan bakar juga memiliki kriteria khusus yang dikonsumesi kendaraan dan dapat dilihat dari rasio kompresi mesin masing-masing model dari sepeda motor.

Bahan bakar RON 88 atau premiumĀ  ideal dengan kendaran rasio kompresi 9 kebawah. Pertalite cocok dengan kendaran yang memiliki rasio kompresi 9 sampai 10. RON 92 atau pertamax cocok digunakan pada kendaraan yang memiliki rasio 10-11 dan untuk rasio kompresi mencapai 11-12 cocok menggunakan pertamax plus.

Oleh karena itu cukup banyak konsumen yang memiliki kendaraan, cocok menggunakan bahan bakar minyak pertalite. Daftar sepeda motor yang cocok menggunakan pertalite mulai dari produk Kawasaki, produk Honda, Produk TVS, produk Suzuki sampai Produk Yamaha.

Untuk Kawasaki mulai dari Ninja, Z250, Z250SL, Ninja RR Mono Ninja 150, Estrella, ER-6n, Ninja 650, Versys 650, Vulcan S dan Kawasi tipe lainnya. Produk Honda yang cocok menggunakan pertalite seperti Honda Supra X125FI, Honda Revo, Honda Verza, Honda Blade, Honda CBR, Honda Vario, Honda Scoopy, Honda Beat dan Honda PCX.

Untuk produk TVS yang cocok menggunakan bahan bakar pertalite tipe Apache dan Neo. Sedangkan untuk produk Yamaha Seperti Byson, Mio, Fino, Nmax dan Yamaha lainnya. Untuk produk Suzuki ada tipe Suzuki Satria, Nez, Hayate, Thunder dan lain-lain.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *