Tuesday, 22/5/2018 | 4:05 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Alasan untuk Menyalakan Mesin Sepeda Motor setelah Indikator Mati

8. Alasan untuk Menyalakan Mesin Sepeda Motor setelah Indikator Mati

 

Otolibs.com – Adanya lampu indikator atau Malfunction Indicator Lamp (MIL) yang terletak di panel dashboard merupakan salah satu perbedaan yang mencolok dari sepeda motor injeksi dan karburator.

Biasanya dalam buku petunjuk dijelaskan bahwa untuk menyalakan mesin haruslah menunggu agar lampu indikator ini pada terlebih dahulu. Dengan menunggu lampu indikator padam maka Anda dapat menyimpulkan bahwa motor kesayangan berada dalam kondisi yang baik dan siap untuk digunakan berkendara.

Fungsi Lampu Indikator dan Cara Perhitungannya

Fungsi Lampu Indikator

Sebenarnya lampu indikator yang mati ini memastikan bahwa tidak ada bagian dari injeksi yang sedang bermasalah. Sehingga menunggu lampu indikator mati merupakan hal yang perlu dilakukan. Ketika lampu indikator telah mati, pengemudi dapat memastikan bahwa bagian dari komponen injeksi tidak ada yang sedang mengalami masalah sebelum motor benar-benar dihidupkan.

Jika yang terjadi sebaliknya, yakni lampu indikator terus menyala atau berkedip itu tandanya bahwa ada yang salah dengan sistem injeksi motor. Kedipan yang ada pada motor juga memiliki arti tersendiri. Ketika durasi kedipan berbeda itu artinya ada masalah di komponen yang berbeda pula.

Adanya kerusakan pada salah satu komponen mesin dari motor mengakibatkan performa motor menjadi tidak baik. Sehingga dapat terjadi hal-hal yang mengerikan ketika digunakan untuk berkendara. Untuk mengantisipasinya usahakan agar motor dalam kondisi yang terbaik.

Perhitungan dari Lampu Indikator

Contohnya, untuk sepeda motor Yamaha injeksi. Jika nyala lampu indikator satu detik berarti dibaca sepuluh, sedangkan nyala lampu indikator 0,5 detik dibaca satu.

Lampu indikator akan mati selama 1,5 detik sebagai jeda dari nyala yang sebelumnya. Sedangkan untuk tahap awal yang menunjukkan kerusakan pada komponen lain ditunjukkan dengan lampu yang mati selama tiga detik.

Dari sini dapat diperoleh kesimpulan bahwa bagian mana yang sebenarnya mengalami kerusakan. Jika kedipan satu detik terjadi sebanyak dua kali, maka angkanya menjadi dua puluh. Kemudian lampu 0,5 detik menyala sebanyak delapan kali, maka kode kerusakannya adalah 28 (20+8). Untuk motor Yamaha sendiri angka 28 menunjukkan kerusakan pada sensor di suhu mesin.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *