Sunday, 21/1/2018 | 12:37 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Penyebab Asap Hitam Keluar dari Knalpot Saat Motor Dipanaskan

9. Penyebab Asap Hitam Keluar dari Knalpot saat Motor Dipanaskan

Otolibs.com – Bagi pemiliki motor jenis matik mungkin pernah mengalami keadaan knalpot yang mengeluarkan asap hitam ketika motor sedang dipanaskan. Namun, saat motor berjalan, asap hitam ini menghilang.

Sebenarnya hal ini sudah sering terjadi sehingga Anda tidak perlu risau terjadi sesuatu yang buruk pada motor kesayangan. Namun, ada cara yang dapat dilakukan agar motor yang Anda miliki tidak mengeluarkan asap hitam pada saat dipanaskan.

Penyebab Keluarnya Asap Hitam Pada Knalpot dan Solusinya

Penyebab Keluar Asap Hitam

Biasanya keluarnya asap hitam dari knalpot ini disebabkan dua hal, yang pertama karena kelebihan bahan bakar dan yang kedua karena adanya kotoran di knalpot. Pada saat asap hitam muncul ketika tidak digas ini mengindikasikan bahwa motor tersebut kelebihan bahan bakar, sehingga bensin yang masuk dari pilot jet terhisap lebih banyak, akibatnya keluar asap hitam.

Sedangkan adanya tumpukan karbon pada bagian knalpot juga menyebabkan adanya asap hitam. Kebiasaan ini terjadi pada orang yang suka berkendara dengan pelan-pelan, sehingga mengakibatkan filter udara pada motor mudah untuk dimasuki kotoran.

Solusi untuk Knalpot yang Mengeluarkan Asap Hitam

Adapun solusi yang bisa dilakukan adalah tergantung pada penyebabnya. Jika filter udara yang kotor maka solusinya adalah dengan mengganti filter udara. Hal ini dilakukan karena filter udara tidak bisa lagi menyaring udara yang bersih sehingga udara yang masuk berkurang.

Jika disebabkan ruang bakar minyak yang terdapat timbunan karbon maka solusinya adalah dengan membongkar head cylinder dan dibersihkan kerak yang menjadikan kotor tadi. Jika penyebabnya karena klep in yang bocor dan mengakibatkan bensin lebih banyak masuk ke ruang bakar maka solusinya adalah dengan di sekitar klep.

Jika disebabkan oleh busi yang sudah jelek dan mengakibatkan pembakaran yang tidak sempurna di ruang bakar maka solusinya adalah dengan mengganti busi dengan yang baru sehingga pembakaran di ruang bakar menjadi lebih baik lagi.

Penyebab yang lain adalah setelan langsam yang tidak tepat sehingga menyebabkan udara yang masuk terlalu kecil. Solusinya adalah dengan melakukan putaran ke kiri pada setelan angin di bagian karburator sampi mendapatkan putaran yang tepat.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *