Tuesday, 22/5/2018 | 4:13 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Bisa Picu Ledakan, Mobil SUV Tidak Cocok Pakai Ban MPV?

Ban SUV

Otolibs.com – Ban merupakan salah satu komponen mobil yang tidak bisa diremehkan perawatannya. Walaupun terkesan sepele, tetapi jika ban mobil Anda mengalami gangguan, maka akan mengurangi performa mobil ketika dikendarai.

Seiring dengan perkembangan zaman dan juga semakin majunya teknologi, ban juga mengalami banyak sekali perubahan. Tentunya penggunaan ban tidak bisa disamaratakan. Setiap pabrikan pasti sudah menghitung dengan teliti setiap komposisi produk mereka.

Seperti jika Anda memiliki mobil berjenis SUV maka kurang tepat jika mengaplikasikan ban MPV untuk mobil Anda. Sama halnya jika Anda memilih ban SUV untuk mobil MPV Anda, bisa-bisa ban tersebut mentok dan mengganggu fender mobil Anda.

Memilih Ban yang Sesuai

Load Index

Setiap pabrikan ban dalam memproduksi setiap jenis ban produksinya akan mempertimbangkan jenis kendaraan yang sesuai untuk ban tersebut. Salah satu yang menjadi pertimbangan adalah load index atau beban yang bisa ditanggung untuk ban tersebut.

Mobil SUV biasanya memiliki massa yang lebih berat jika dibandingkan dengan mobil MPV, yang tentu saja akan berpengaruh kepada besarnya load index. Jika memaksakan menggunakan ban MPV untuk mobil SUV Anda, tekanan yang dihasilkan dari load index tersebut bisa menekan ban dan jika ban tidak kuat menanggung beban tersebut maka bisa tercipta letusan pada ban.

Desain Ban

Pada ban yang diperuntukkan untuk mobil SUV, kembangan pada bannya lebih kasar dan jarang karena memang diperuntukkan untuk medan berat semacam offroad. Berbeda dengan ban untuk mobil MPV yang justru dibuat beih rapat dan halus karena memang mobil jenis ini lebih cocok dikendarai di jalanan kota yang tidak terlalu berat.

Ban mobil SUV juga memiliki bitting edges yang lebih tinggi, bloknya lebih besar dan juga rongga rodanya lebih lebar. Karena memang diperuntukkan untuk jalanan yang tidak mulus maka konstruksi dan tali carcas untuk ban SUV juga biasanya dibuat lebih kuat.

Ukuran ban SUV juga lebih besar dibandingkan dengan ukuran ban untuk mobil MPV. Jangan salah pilih, karena jika memilih ban yang salah untuk mobil Anda maka perjalanan Anda pasti akan terasa tidak nyaman, yang tentunya juga akan mempengaruhi keselamatan Anda selama berkendara.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *