Tuesday, 23/1/2018 | 1:54 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Bus Volvo 8000 CC, Temani Raja Swedia Jelajahi Indonesia

Bus Volvo 8000 CC

 

Otolibs.com – Pada 22-24 Mei lalu, Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Raja dan Ratu dari Swedia tersebut datang bersama rombongan dan kemudian sempat beberapa waktu berkeliling menjelajahi indahnya tanah air di sela padatnya jadwal resmi kunjungan.

Dalam kesempatan ini pula, Volvo Grup Indonesia berkesempatan memperkenalkan Volvo Bus, untuk bisnis terbaru mereka di luar dari jenis truk yang lebih dulu mereka dalami. Volvo bus tersebutlah yang menemani rombongan raja Swedia menikmati keindahan Indonesia.

Keunggulan Volvo Bus

Performa Bus

Jenis bus yang digunakan untuk mengantar rombongan tamu kenegaraan kemarin adalah Volvo 8400 (B8R) yang dilengkapi dengan mesin Volvo D7A berkapasitas 8.000 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga mencapai 330 hp. Tak tanggung-tanggung, bus ini diklaim dapat beroperasi selama tujuh belas jam tanpa henti.

Bus ini sangat cocok untuk dioperasikan pada jalanan kota yang macet dan banyak sekali perhentian. Oleh karena itulah bus ini dibekali dengan transmisi otomatis 6 percepatan. Selain itu optimised rear axle ratio serta integrated retarder juga dibenamkan untuk mengoptimalkan kerja bus.

Sistem ABS sudah dibenamkan pada sistem pengereman bus canggih ini yang memacu kerja cakram-cakram gagah pada roda bus. Untuk menghindari penumpang terjepit, atau kecelakaan kecil lain ketika penumpang turun maupun naik bus, pintu-pintu pada bus ini dibuat dengan sensor yang sensitif.

Selain memiliki teknologi yang sudah mumpuni, bus ini diklaim, bus ini memiliki tingkat sirkulasi udara yang baik, akselerasi instan dan juga penyejuk udara yang mewah. Badan bus juga sangat “lentur” karena adanya fitur pneumatik yang disertakan dalam rancangan bus ini sehingga membuatnya dapat kembali pada posisi semula setelah ada penumpang yang naik maupun turun.

Kecintaan Volvo pada Tanah Air

Selain karena tuntutan perkembangan dunia otomotif yang semakin tinggi, grup Volvo juga melihat adanya pergerakan peralihan penggunaan kendaraan dari kendaraan pribadi menjadi penggunaan kendaraan umum, yang berarti menambah pasar untuk bus. Sebagai bukti kecintaan grup Volvo kepada tanah airlah maka dibuat bus Volvo B8R ini.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *