Friday, 21/9/2018 | 2:24 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Mengecek Volume Oli Transmisi Otomatis pada Pajero Sport

Cara Mengecek Volume Oli Transmisi Otomatis pada Pajero Sport

Otolibs.com – Mengecek volume oli transmisi otomatis mobil tidak boleh diabaikan dan harus rutin dilakukan. Hal ini dikarenakan saat oli transmisi otomatis mobil kurang maka dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai komponen satu sama lainnya yang saling berhubungan. Selain itu dengan adanya pengecekan secara berkala tentu juga dapat menjaga performa mobil agar selalu dalam kondisi yang prima.

Tidak perlu khawatir karena Anda tetap dapat melakukan pengecekan sendiri tanpa harus memerlukan mekanik. Artikel berikut akan membantu Anda dalam mengecek volume oli transmisi otomatis yang terdapat dalam Mobil Pajero Sport.

Cara Mengecek Volume Oli Transmisi Otomatis pada Pajero Sport

Kendarai atau Panasi Mesin Mobil Terlebih Dahulu

Langkah awal yang dapat Anda lakukan sebelum dilakukannya pengecekan terhadap volume oli transmisi otomatis Pajero Sport adalah dengan mengendarainya atau memanasi terlebih dahulu kurang lebih selama 10 menit atau hingga temperatur mesin mencapai kurang lebih 80 derajad celcikus.

Parkir Mobil di Tempat yang Rata

Setelah memanasinya, maka parkirkan pajero sport pada tempat yang rata agar proses selanjutnya dapat dilakukan dengan mudah, selain itu pastikan Anda juga menarik tuas hand breaknya terlebih dahulu sebelum membuka mesin mobil.

Buka Kap Mesin Mobil

Setelah kap mesin dalam terbuka maka pastikan Anda memindahkan selektor level kesemua posisi, biasanya hal ini dilakukan saat mesin mobil dalam kondisi masih menyala. Pemindahan selektor mobil dilakukan kurang lebih 10 detik, dengan tujuan supaya oli transmisi otomatis mobil lebih bersirkulasi.

 

Tarik Stik Oli Transmisi

Menarik stik oli transmisi bertujuan untuk melihat jumlah atau volume oli, setelah itu bersihkan menggunakan kain lap. Dan masukkan kembali stik oli transmisi sampai menyentuk dasar baru tarik kembali.

Lihat Ujung Stik Oli yang Telah Dicelupkan

Selanjutnya, lihat ujung stik oli yang telah dicelupkan dan jika terdapat bekas oli yang berada diantara 2 cekungan bagian atas menandakan bahwa kadar volume oli transmisi otomatis dalam kondisi yang pas. Akan tetapi jika oli transmisi otomatis masih kurang maka Anda bisa menambahkan oli transmisi melalui lubang stik oli, namun jika oli transmisi berlebihan dari kapasitas yang ditentukan maka Anda dapat menguranginya dengan drain bolt yang terdapat dibagian bawah transmisi.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *