Friday, 21/9/2018 | 3:24 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Praktis Buat SIM International

Cara Praktis Buat SIM International

Otolibs.com – Bagi Warga Negara Indonesia yang mempunyai keinginan untuk pergi keluar negeri dan menyewa kendaraan di tempat tersebut, maka wajib untuk mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM) Internasional atau yang biasa disebut dengan International Driving Permit (IDP). SIM Internasional harus dibuat terlebih dahulu di negara asal mengacu pada Peraturan Kepala Polisi No. 9 Tahun 2012. Lebih jelasnya simak ulasan berikut ini agar dapat dijadikan referensi untuk Anda.

Cara Praktis Buat SIM International

Tidak adanya Pengetesan Teori dan Praktik

Perlu diketahui bahwa dalam pembuatan SIM Internasional Anda tidak akan dites secara teori maupun praktek menggunakan kendaraan atau simolator. Karena terbilang cukup praktis, maka siapkan saja berkas-berkas yang diperlukan.

Persiapkan Berkas Kelengkapan

Perlu diketahui bahwa pembuatan SIM Internasional ternyata jauh lebih mudah dan simple, tanpa perlu menunggu berjam-jam seperti pembuatan sim reguler. Langkah awal yang dapat Anda lakukan dengan mempersiapkan berkas terlebih dahulu. Adapun beberapa berkas tersebut adalah sebagai berikut:

  • KTP asli dan FC KTP
  • Paspor Asli dan FC Paspor
  • SIM yang masih berlaku
  • KITAP atau Kartu Izin Tinggal Tetap Asli beserta FC bagi negara asing (WNA)
  • 1 Lbr Materai Rp6.000
  • Pas Foto 4×6 sebanyak 3 lembar dengan ketentuan latar belakang biru untuk pria dan merah untuk wanita dengan mengenakan blazer.

Proses Pembuatan SIM Internasional

Jika semua persyaratan telah lengkap maka langkah selanjutnya adalah mengambil nomer antrian, setelah mendapatkan giliran maka serahkan berkas yang sudah lengkap lalu mengisi formulir yang telah disediakan untuk keperluan pengesahan, dan tanda tangan dimaterai 6.000 yang telah dibawa tadi.

Jika semua data valid maka tinggal menunggu untuk dilakukan pemanggilan dan bayar administrasi sebesar Rp. 250.000, mengacu pada PP NO 50 Tahun 2010 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku di Kepolisian Negara RI biaya dalam pembuatan SIM Internasional tarif Rp. 250.000, sementara untuk perpanjangan dengan tarif Rp. 225.000.

Sebelum mengambil SIM, Pemohon akan foto terlebih dahulu dan sidik jari. Baru setelah selesai SIM Internasional akan diserahkan kepada pemohon beserta buku pedomannya.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *