Sunday, 20/5/2018 | 10:07 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Kelebihan Mobil Bermesin Diesel Dibandingkan Mesin Bensin

Kelebihan Mobil Bermesin Diesel Dibandingkan Mesin Bensin

Otolibs.com – Mungkin anda sering mendengar mobil bermesin bensin, tetapi jika mendengar mobil bermesin Diesel sangat jarang bukan? Memang, mobil bermesin Diesel bisa dikatakan jarang jika dibandingkan dengan mobil bermesin bensin. Namun, akhir-akhir ini mobil bermesin Diesel tengah menaikan popularitasnya agar bisa menjadi pesaing mobil bermesin bensin.

Mesin Diesel sendiri merupakan mesin pemicu kompresi dimana dimana bahan bakar dinyalakan oleh suhu tinggi gas yang dikompresi, mesin Diesel ini biasanya banyak digunakan oleh mobil yang memerlukan tenaga besar seperti bus, truk, dan tonton.

Saat ini mesin Diesel tengah dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan mobil ternama di dunia. maka tidak heran, jika satu saat nanti mesin Diesel ini mampu menyaingi mesin bensin dalam industri permobilan.

Keunggulan Yang Dimiliki Mobil Bermesin Diesel

Mesin Diesel dan bensin tentu saja memiliki perbedaan yang mencolok. Oleh karena itu terdapat beberapa keunggulan mobil yang menggunakan mesin Diesel dibandingkan dengan mobil yang menggunakan mesin bensin. Berikut adalah keunggulan tersebut :

Lebih Hemat Bahan Bakar

Keunggulan yang dimiliki oleh mobil bermesin Diesel adalah bahan bakar yang lebih hemat. Pada umumnya mesin Diesel mampu memberikan 25 hingga 30 persen bahan bakar yang lebih hemat jika dibandingkan dengan mesin bensin.

Tenaga Dan Torsi Yang Dihasilkan Lebih Besar

Jika dibandingkan dengan mobil bermesin bensin, mobil bermesin Diesel memang memiliki keunggulan pada tenaga dan torsi yang lebih besar. Hal ini dapat terlihat dari mobil-mobil yang menggunakan mesin Diesel tergolong besar. Dengan torsi dan tenaga yang lebih besar tersebut kenyamanan mobil pun lebih baik.

Perawatan Berkala Mesin Diesel Lebih Mudah

Perawatan berkala mesin Diesel jika dibandingkan dengan mesin bensin memang lebih mudah. Mesin Diesel hanya memerlukan perawatan untuk memeriksa filter bahan bakar, oli, serta radiator, sedangkan mesin bensin memerlukan perawatan yang lebih dari mesin Diesel tersebut.

Bahan Bakar Pada Mesin Diesel Lebih Aman

Mesin Diesel pada umumnya menggunakan bahan bakar solar. Bahan bakar solar merupakan bahan bakar yang lebih aman jika dibandingkan dengan bensin, karena solar merupakan bahan bakar yang tidak mudah terbakar. Selain itu bahan bakar solar juga tidak melepaskan uap seperti bahan bakar bensin, oleh karena itu resik terjadinya kebakaran akan lebih rendah.

Meskipun mobil bermesin Diesel popularitasnya masih kalah saing dengan mesin bensin, tetapi mobil bermesin Diesel memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh mesin bensin.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *