Tuesday, 22/5/2018 | 4:04 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Kenali Tanda-tanda Shockbreker Mobil Mengalami Kerusakan Secara Akurat

Kenali Tanda-tanda Shockbreker Mobil Mengalami Kerusakan Secara Akurat

 

Otolibs.com – Saat mengendarai mobil selain tingkat keselamatan tentu tingkat kenyamanan juga sangatlah penting. Hal ini dapat kita rasakan saat tidak ada satupun kerusakan yang terdapat pada komponen mobil. Untuk itu alangkah lebih baik,  jika terjadi kerusakan pada mobil kita dapat sesegera mungkin untuk mendeteksinya. Hal ini bertujuan agar tingkat kenyamanan dapat kita rasakan sesuai dengan keinginan kita.

Salah satu kerusakan yang gampang dideteksi adalah kerusakan pada shockbreaker mobil. Namun, tidak sedikit orang yang dapat mengenali tanda-tanda kerusakan pada shockbreaker. Untuk itu kenali tanda-tanda berikut ini agar dapat mengantisipasi Anda dari kerusakan yang berlebih.

Tanda-tanda Shockbreker Mobil Mengalami Kerusakan Secara Akurat

Kondisi Ban yang Aus Tidak Merata

Cara mudah mendeteksi tanda-tanda kerusakan pada shockbreaker mobil adalah kondisi ban yang ausnya tidak merata. Jika kondisi ban aus secara merata maka memang ini yang seharusnya, namun jika ban Anda aus secara tidak merata berarti disebabkan karena kondisi shockbreaker yang sudah rusak.

Ban Menyentuh Spakbor

Biasanya kerusakan pada shockbreaker juga ditandai pada saat berkendara melintasi polisi tidur atau jalanan berlubang maka posisi ban akan menyentuh spakbor dan mengakibatkan tingkat kenyamanan pengendara berkurang.

Ayunan yang Terjadi Lebih Cepat

Saat melewati polisi tidur, tidak hanya ban yang menyentuh spakbor mobil saja. Namun tanda-tanda shockbreaker rusak adalah ayunanannya lebih cepat dari biasanya. Ayunan ini terjadi karena pantulan suspensi mobil yang terasa lebih dalam.

Ketinggian Mobil yang Tidak Merata

Saat berada didalam mobil tidak hanya pengemudi saja yang dapat merasakan akan kerusakan yang terjadi pada shockbreker mobil. Akan tetapi penumpang juga dapat merasakannya yaitu kemiringan mobil yang sangat terasa dan nampak jelas terlebih saat mobil dinaiki beberapa orang degnan kapasitas muatan berlebih maka akan terlihat ketinggian mobil yang tidak merata.

Kebocoran Oli melalui Shock

Cara paling mudah mengenali tanda-tanda shockbreker rusak adalah terjadinya kebocoran oli melalui shock. Kebocoran oli dapat terjadi karena karet bantalan sudah tidak sesuai dengan standard atau terjadi bocor maupun berlubang, dengan demikian maka oli bisa menembus dan bocor melalui shock.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *